Posted by: jogjaexpo | October 8, 2012

Yusak Handicraft – Produsen Aneka Kerajinan

Yusak handicraft merupakan sebuah home industri yang memproduksi aneka kerajinan. Didirikan oleh Yusak sang pemilik, pada tahun 2004. Pada mulanya Yusak, hanya memproduksi vas bunga kering dari bahan rotan yang dikombinasikan dengan plismet dan tripleks serta vas bunga dari kulit kayu mahoni. Namun kini banyak jenis kerajinan yang telah diproduksi seperti box loundry, figura, jam dinding hiasan bunga kering, cermin, tempat tissue, hanger, guci berbalut daun mahoni, daun coklat dan sapu lidi hiasan.


Vas bunga didesain dalam beberapa bentuk dan corak seperti kotak, bundar, sepeda roda tiga dan becak. Saat diwawancarai Rabu (07/09/11) di rumahnya, Yusak mengatakan, vas bunga yang diproduksi harus dapat didesain dalam berbagai bentuk dan corak, agar diterima pasar. Kadang didesain sendiri, namun sering telah ditentukan oleh pemesan. Demikian dengan produk box dan hanger. Bahan yang digunakan antara lain: karton, rotan, kulit mahoni, daun mahoni dan coklat, mendong, tali mendong, vinil, tenunan dan plismet.


Saat ini setengah kontainer (40 feet) produk Yusak handicraft dibeli oleh eksportir Kembang Mutioro dengan nilai rata-rata Rp. 30 juta per bulan. Seluruhnya diekpor ke Arab Saudi. Pangsa pasar lokalnya ke Jakarta, Bali dan Yogyakarta mencapai Rp. 15 juta per bulan dengan profit 10-20 %. Harga jual vas bunga Rp. 3.000 sampai Rp. 17.500, sedangkan box Rp. 50.000 sampai Rp. 200.000. Untuk memenuhi permintaan pasar ekspor, Yusak dibantu 20 tenaga kerja, peralatan mekanik : jekso, mesin semprot, compressor dan bor duduk.

Untuk memenuhi pesanan eksportir, tidak semua bahan baku dan bahan penolong disiapkan sendiri oleh Yusak. Khusus untuk produk sapu lidi hiasan, bahannya terutama sapu lidi dan bunga kering disiapkan oleh eksportir. Yusak hanya merangkai kembali dengan ikatan tali mendong dan membuat dudukan sapu yang terbuat dari karton bekas dicampur pasir dan semen. (Nura/Fernandez)

———————————————

Yusak Handicraft : d/a. Pendowo Rt. 91, Pendowoharjo, Sewon, Bantul, Yogyakrata
Contact Person : Yusak – hp. 081 568 420 995


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: