Posted by: jogjaexpo | October 8, 2012

Ryandida Stone – Kerajinan Batu alam

Kerajinan batu alam menjadi pilihan Dwi Nugroho, warga Cepit, Pendowoharjo, Sewon, Bantul sebagai sumber penghasilan keluarga. Dwi membanguan usaha yang diberi nama Ryandida Stone setelah sebelumnya bekerja selama 7 tahun dikerajinan patung batu. Dengan bekal pengalaman dan ketrampilan di bidang kerajinan batu, Dwi kemudian menjadikan kerajinan ini sebagai sumber penghasilan keluarganya.


Produk Ryandida Stone antara lain lampion, relief, air mancur, patung beraliran modern (modern statue) dan realis, tempat lilin dan looster. Model dari masing – masing produk lebih dari satu model bahkan untuk lampu mencapai 12 model. Selain dari contoh yang telah dibuat, Dwi mampu membuat produk sesuai keinginan konsumen dengan memberikan contoh atau gambar. Dwi menambahkan ornamen kaca untuk variasi dari kerajinannya. Untuk finishingnya, produk batu tersebut dilapisi cat agar tahan air dan warnanya tidak berubah. Selain berbagai produk kerajinan batu, Dwi juga melayani permintaan pembuatan cetakan traso.


Bahan baku kerajinan ini batu putih (white paras), batu abu – abu (grey breaksit) dan batu hitam (black lava). Bahan baku tersebut di datangkan dari berbagai daerah yaitu Wonosari, Prambanan dan Muntilan. Harga untuk batu putih 750.000 per kubik, batu abu-abu 450.000 per kubik sedangkan batu hitam harganya sesuai ukuran. Dwi mengolah batu -batu tersebut dibantu satu orang tenaga kerja dan jika pesanan sedang banyak merekrut 3 tenaga tambahan.

Produk batu ini dijual mulai dengan 25.000 hingga yang paling mahal 1,8 juta. Lampu taman harga jualnya Rp. 200.000 – 800.000 sedangkan untuk lampu dari batu hitam Rp. 450.000. Setiap bulannya, usaha ini memperoleh omset sekitar 15 juta.

Dwi mulai memasarkan produknya dengan menitip jual ke kasongan. Dari saudaranya, Dwi memperoleh buyer dari Australia yang kini menjadi pelanggannya. Ryandida Stone setiap tahun 2 hingga 3 kali mengirim lampu, modern statue, air mancur dan kursi tangan senilai 15 – 20 juta. Selain buyer dari Australia, Dwi juga pernah mengirim produknya ke Meksiko dan Amerika. Untuk pasar lokal, Dwi memperbanyak stok ke kasongan menjelang lebaran. Konsumen yang membeli produknya biasanya dari Jakarta, Surabaya dan Solo.

Untuk info lebih lanjut hubungi :
Ryandida Stone
Cp : Dwi Nugroho H
Cepit RT 05 (belakang SD Cepit)
Pendowoharjo, Sewon, Bantul
Hp : (0274) 3054328 , 0817 547 3618
Email : dwistone@yahoo.com


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: