Posted by: jogjaexpo | October 8, 2012

Mudiyar Keramik – Perajin Aneka Keramik

Dirintis oleh Mudiyar sejak 1980. Mulanya berbentuk CV, namun sejak gempa Yogya 2006 dimana seluruh aset perusahaan hancur, usaha ini berubah menjadi home industri. Geliat usaha segera membaik karena adanya pesanan yang datang dari buyer luar negeri. Namun saat itu ia sendiri sulit mendapat pekerja, karena mereka yang dulu bekerja padanya, juga terkena musibah sehingga sibuk memperbaiki rumahnya masing-masing. Akhirnya didatangkan 50 pekerja dari Kulon Progo yang walau harus melaluiproses pembelajaran selama 1 bulan, akhirnya juga menjadi trampil.


Produk keramik yang dihasilkan antara lain : vas bunga sebanyak 15 corak dengan berbagai ukuran, bola keramik, guci, tempat lilin, tempat buah, tempat aroma terapi, aneka patung seperti patung Budha, pot gantung, piring buah, boneka2 dan souvenir. Semua produknya berbahan baku tanah liat, dengan kombinasi bahan penolong pelepah pisang, rotan dan vinir (kayu tipis). Yang paling laris saat ini adalah vas bunga motif Jepang dengan ukuran tinggi 90 cm dan berdiameter lebar 45 cm. Pada proses finishingnya menggunakan cat prada mas dan metalik. Demikian penjelasan Mudiyar di rumahnya Rabu (15/06).


Dengan tenaga kerja lepas 55 orang dan tenaga tetap 25 yang semuanya diupah secara borongan, Mudiyar Keramik dapat menghasilkan 10.000 buah vas bunga ukuran besar per 3 bulan dan 10.000 bola keramik per bulan. Sedangkan produk lainnya rata2 diproduksi 10.000 buah per bulan. Sebagian besar tenaga kerjanya adalah perempuan. Mereka umumnya yang mengerjakan proses pencetakan keramik dari tanah liat dan juga proses finishing seperti membuat motif, menghaluskan cetakan dan pewarnaan keramik. Sedangkan proses pembakaran, pembuatan packeting dan pengiriman, dikerjakan laki-laki.

Omzet penjualan keramik saat ini mencapai rata2 Rp. 200 juta per bulan dengan tingkat keuntungan 20-22 %. Pangsa pasar yang dimiliki hanyalah pasar luar negeri, sedangkan pasar dalam negeri masih nihil. Pembeli produk Mudiyar Keramik berasal dari Jerman, Swiss, Belanda, Amerika dan Australia. Ke depan Mudiyar berharap dapat merebut pangsa pasar dalam negeri. Harga per unit produk antara Rp. 2.000 sampai yang paling mahal Rp. 300.000. Sebagian besar produk Mudiyar Keramik merupakan pesanan dari para pelanggan tetapnya di luar negeri.

Investasi usahanya diperkiran Mudiyar sebesar Rp. 250 juta yang antara lain berupa : oven gas 1 tungku, oven kayu bakar 3 tungku, putaran 50 buah, blower 3 buah, compressor 2 buah, genset 1 buah, termokopel (alat pengukur tempratur) 2 buah, gudang seluas 1.000 m2 dan 1 buah pick up serta sejumlah mal cetak. Dengan peralatan yang kini dimiliki, Mudiyar sudah merasa cukup untuk dapat memproduksi berapapun jumlah permintaan pelanggan. Untuk membuat cetakan produk, setiap harinya Mudiyar membutuhkan minimal 2 -10 zak gips. (Nura/Fernandez)

———————————————–

Mudiyar Keramik Home Industry : d/a. Gunung Puyuh, Panjangrejo, Pundong, Bantul, Yogyakarta.
Kontak Person : Mudiyar – Hp. 081 5792 6264
Email : keramikmudiyar@yahoo.com


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: