Posted by: jogjaexpo | October 8, 2012

Karya Baru – Kerajinan Souvenir dan Gerabah

kerajinan gerabah telah lama dikenal sebagai produk kerajinan andalan bantul dengan sentranya kasongan dan panjangrejo. Gerabah ini pun menjadi sumber kehidupan keluarga Darsim, warga panjangrejo dengan usahanya Karya Baru. Darsim memulai usaha sejak 1997 yang dirintis oleh istrinya Kasiyem. Kasiyem belajar membuat gerabah yang kemudian menjadi usaha keluarga.


Produk Karya baru didominasi aneka souvenir yang bentuknya kecil dengan finishing cat warna warni. Produk gerabah lain seperti kendi, teko pun diproduksi namun dalam jumlah sedikit. Souvenir dari gerabah yang diproduksi Darsim antara lain tempat lilin, asbak, mug, tempat pensil, dan tempat sabun. Sedangkan untuk produk besar yaitu cobek, kendi, tempat lampu dan tempayan. Produk besar ini tidak difinishing dengan cat atau tetap mempertahankan warna cokelat dari tanah.


Usaha ini setiap hari mengolah sekitar 100 kg tanah yang menghasilkan sekitar 100 – 150 buah souvenir. Bahan baku tanah di beli dari Godean yang sudah siap diproses. Harga untuk per 10 kg (paket) nya Rp. 3500. Darsim dibantu 9 orang tenaga kerja untuk proses produksi. Proses pembakaran dikerjakan oleh darsim dan untuk finishing serta pemasaran dikerjakan anaknya, Roib.

Dengan dominasi produk berukuran kecil, harga produk pun berkisar ribuan. Souvenir dari gerabah ini harga jualnya mulai Rp. 300 hingga Rp. 1000. Untuk ukuran sedang harga jualnya mulai Rp. 1200 hingga Rp. 4000 dan untuk ukuran besar mulai Rp. 10.000 hingga Rp. 20.000. Penjualan yang didominasi produk ukuran kecil menjadikan usaha omset ini terbilang kecil yaitu sekitar 3-5 juta perbulan. Darsim dari omset tersebut memperoleh keuntungan sekitar 10%.

Karya baru memeiliki sekitar 20 pelanggan tetap yang tersebar di beberapa kota. Jakarta, Surabaya, Magelang, Cirebon, Semarang, Jambi dan Jogja merupakan pasar dari karya baru. Disamping melayani pelanggan tetap, Darsim juga melayani konsumen baru yang datang ke workshopnya.

Info lebih lanjut hubungi :
Karya Baru
Watu Rt 04, Panjangrejo, Pundong, Bantul
Hp :
Roib : 0859 3217 9962
Darsim : 0818 0275 6409


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: