Posted by: jogjaexpo | October 8, 2012

Bima Trazo – Perajin Aneka Produk Trazo

Banyaknya tenaga kerja trampil pembuatan trazo, mendorong Sri Ngajiyati merintis berdirinya home industri Bima Trazo. Bertempat di kediamannya dusun Tulung, Srihardono, Bima Trazo mulai beroperasi tahun 2004. Namun hanya dalam empat tahun pertama, usaha yang dirintis Sri mengalami kejayaannya. Dengan mengirim sampel produk ke berbagai calon pembeli, Bima Trazo memperoleh cukup banyak order dari Titon Craft Trading, Ana Craft dan Dekor International untuk diekspor ke berbagai negara. Pasar dalam negeri yang sebenarnya cukup potensial, lepas dari strategi pasar manajemen Sri.


Trazo itu sendiri terbuat dari pecahan marmer dicampur semen, mil dan sendi (pewarna). Bahan baku pecahan marmer didatangkan dari Tulung Agung, Jatim. Dari bahan tersebut Bima Trazo memproduksi aneka barang kerajinan seperti : pot bunga, standing pot, wastafel, botol dekor, bola dekor, dungdung, tempat lilin, peluru dekor, mangkuk bundar maupun oval, kursi dan meja dari traso. Lima puluh jenis produk yang telah diproduksi Bima Trazo. Harga jual kerajinan trazo terbilang masih terjangkau yakni antara Rp. 20.000 sampai dengan Rp. 450.000.


Walaupun menghadapi kondisi pasar yang lesu, Sri tetap berniat untuk mempertahankan usahanya tersebut. Untuk itu persediaan bahan baku pecahan marmer dan mil senantiasa tetap tersedia. Pengadaan bahan baku pecahan marmer sementara dibeli secara patungan dengan perajinan trazo lainnya. Saat ini aktivitas produksi berjalan bila ada order dari pembeli. Seluruh tenaga kerjanyapun bersifat harian lepas, yang sewaktu-waktu dapat dipanggil bila ada pekerjaan. Walaupun demikian, stock produk trazo masih cukup banyak tersedia di rumah Sri yang sekaligus berfungsi juga sebagai showroom maupun workshopnya.

Ketika berbincang dengan reporter bantulbiz.com di rumahnya Senin (19/09/11), Sri menjelaskan bahwa produk trazo sangat tersaingi oleh produk gerabah yang lebih ringan dan lebih murah. Walaupun demikian, dengan karakteristik yang berbeda, Sri masih yakin suatu ketika produk trazo kembali akan diminati konsumen. Saat ini yang masih laku dijual menurut Sri antara lain : wastafel, dungdung dan botol dekor. Desain produk yang dihasilkan mungkin menjadi daya tarik tersendiri, demikian Sri. Mereka yang berminat dalam jumlah besar, harus dapat memberikan down payment 50 % dan pelunasan pesanan sebelum barang dikirim. (Fernandez)

—————————————————-

Bima Trazo : d/a. Tulung Rt. 03, Srihardono, Pundong, Bantul, Yogyakarta
Contact Person : Sri Ngajiyati – hp. (0274) 824 1199, 081 802 794 888 atau 081 668 7336
Email : info@bantulbiz.com


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: