Posted by: jogjaexpo | October 8, 2012

Batik Maulana – Perajin Batik Cap, Kombinasi dan Tulis

Sentra batik pandak membawa pengaruh daerah sekitarnya seperti kecamatan Pajangan. Adalah Sri Suarsini dan Sudarmaji, warga Singosari, Pajangan yang menjadi produsen batik. Sudarmaji memulai usaha ini pada 2004 dengan nama Batik Maulana. Disamping pengaruh kawasan sentra batik pandak, orang tua mereka pun berkecimpung di usaha batik.


Produk Batik Maulana sebagian besar berupa kain, meskipun juga memproduksi pakaian jadi. Produk batik tersebut ada yang berupa batik tulis, batik cap dan kombinasi. untuk pemrosesan batik cap, Sudarmaji dibantu 3 orang karyawan mengerjakannya di kediamannya. Untuk batik tulis, Sudarmaji mempekerjakan tujuh pembatik namun pengerjaanya di rumah masing-masing. Proses pewarnaan dikerjakan langsung oleh Sudarmaji dengan pewarna alami maupun kimia.


Kain untuk batik ini bermacam-macam yaitu mori biasa, primisima, dolby, shantung dan sutra. Kebutuhan bahan baku untuk mori biasa sekitar 600 potong per bulan, primisima sekitar 100 potong sebulan sedangkan bahan lainnya relatif sedikit karena menyesuaikan pesanan konsumen. Ukuran perpotongnya untuk mori biasa 1,05 m, primisima dan dolby 1,15 m. Bahan-bahan tersebut diperoleh Sudarmaji dari pasar Beringharjo dan Klaten.

Produk Batik Maulana harganya cukup terjangkau. Untuk kain bahan cap dan kombinasi antara Rp. 40.000 hingga 80.000. Sedangkan produk pakaian jadi mulai 70.000 hingga 150.000. Harga produk tersebut menyesuaikan bahan, proses pembatikan dan pewarnaan yang digunakan. Dalam satu bulan, usaha ini meraih omset sekitar 25 hingga 50 juta perbulan dengan keuntungan sekitar 25%.

Kain batik sogan merupakan produk yang paling sering dipesan konsumen. Kain tersebut kemudian diolah menjadi seprai, gorden dan lain-lain. batik maulana juga kerap menerima pesana seragam batik untuk instansi maupun personal. Pemasaran batik maulana antara lain ke Solo, Klaten, Jogja dan Jakarta. Batik Maulana mengikuti beberapa pameran seperti di Thamrin City, Jakarta dan juga membuka stand di pasar pagi UGM.

Info lebih lanjut Hubungi :
Rumah Produksi Batik Maulana
Jetis , Rt 01, Sendangsari, Pajangan, Bantul
Hp : (0274) 6661773, 0857 2735 7774


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: