Posted by: jogjaexpo | October 7, 2012

Yuan Art – Perajin Batik Kayu dan Ukir Sungging

Yuan art dirintis oleh Yulianto (27) sejak 2002, setelah cukup lama berkecimpung dalam usaha batik kayu maupun ukir sungging, sebagai tukang amplas dan cat sampai tenaga membatik. Dengan ketrampilan yang dimilikinya, Yulianto lalu membangun usaha mandiri, yang juga bergerak di bidang yang sejenis. Dengan modal awal Rp. 1,5 juta pemberian mertua, saya memulai usaha ini langsung sebagai supplier produk-produk batik kayu dan ukir sungging kepada perajin yang dulunya tempat saya bekerja. Demikian menurut Yulianto ketika diwawancarai reporter bantulbiz di show roomnya dusun Krebet Selasa (18/10).


Jenis produk batik kayu yang dihasilkan antara lain : piring buah, mangkok, nampan (persegi, bulat dan oval), box tissue, gelang, topeng hiasan dinding, tempat lilin, aneka binatang, aneka gantungan kunci, pembatas buku, pisau surat, dakon dan magnet topeng, cicak, burung hantu, gajah, kucing serta wayang. Sedangkan produk ukir sungging adalah wayang kayu. Produk-produk tersebut dibuat dari bahan kayu jati, kayu klepu, kayu pule dengan pewarna sintetis. Seluruh bahan tersebut diperoleh dari dalam wilayah DIY, sehingga tidak ada kesulitan dalam proses produksi.


Pangsa pasar produk Yuan Art saat ini hanya terbatas pada pasar domestik seperti Jakarta, Bogor, Bali dan Yogyakarta sendiri. Pangsa pasar Jakarta banyak diperoleh melalui event pameran seperti Jakarta Fair dan Inacraft. Untuk memperoleh pasar produk yang lebih besar, Yulianto membuka show room di Pasar Seni Gabusan dan di Krebet sendiri. Kiat lain yakni membuka akun blog sendiri, promosi melalui dunia maya dan merintis penjualan online. Menurut Yulianto ke depannya nanti saya akan terus mengembangkan bisnis online dengan menyiapkan shoft catalog produk.

Omzet penjualan saat ini rata2 Rp. 15 juta per bulan. Senilai Rp. 500 ribu sampai Rp. 1 juta per minggu produk saya dibeli secara rutin oleh Ansor Silver Yogyakarta. Harga jual produk mulai Rp. 3.000 sampai yang paling mahal Rp. 175.000 dengan tingkat keuntungan rata-rata 25 %. Hanya sedikit yang diproduksi untuk stock show room, selebihnya diproduksi untuk memenuhi pesanan yang ada. Ketika disinggung kapasitas produksinya, Yulianto mengatakan bahwa saat ini dalam sebulan ia mampu memproduksi 3.000 pieces produk, 300 pieces diantaranya wayang kayu jati, yang memang paling banyak dipesan.

Untuk memenuhi pesanan yang ada, Yulianto dibantu 10 orang tenaga kerja, 7 orang tenaga membatik dan 3 orang tenaga ukir. Sedangkan peralatan mekanik senilai Rp. 38 juta guna menunjang proses produksi yang dimiliki antara lain : compressor 1 unit, bor duduk 1, bor tangan 1, table shaw 1, mesin amplas 1, mesin profil 1 dan oven 1 unit bantuan Pemerintah.( Nura/Fernandez)

——————————————————-

Yuan Art : d/a. Dusun Krebet Rt. 05 Sendangsari, Pajangan, Bantul. Yogyakarta 5571
Contact Person : Yulianto – hp. 0818 270 657 – 085 228 335 560 – Fax. (0274) 367257
e-mail : p2k_yuanart@yahoo.co.id atau p2k_yuanart@gmail.com
Blog : http://yuan-art.blogspot.com


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: