Posted by: jogjaexpo | October 7, 2012

Studio Ukir Wayang Kulit – Kerajinan Tatah Sungging

Tatah sungging tidak hanya menghasilkan wayang kulit, namun sekarang berkembang menghasilkan aneka kerajinan. Variasi produk tersebut merupakan tuntutan selera pasar, dimana konsumen bisa menikmati kerajinan wayang tetapi tidak hanya dalam bentuk wayang. Hal ini lah yang terus dikembangkan perajin di sentra kerajinan kulit, Gendeng, Bangunjiwo, Kasihan Bantul dan salah satunya, Rukun Santasa yang menekuni usaha tatah sungging sejak 1992.


Rukun santasa mengubah kulit kerbau atau kambing menjadi aneka produk baik berupa wayang kulit, hiasan dinding maupun souvenir. Produk Santasa dari kulit ini berupa kipas bulat,kap lampu, kipas lipat, pembatas buku, lukisan, wayang souvenir dan juga wayang untuk pertunjukan. Untuk wayang ini, Rukun Santasa juga memproduksi wayang merak, topeng wayang, wayang gambyong jawa dan wayang klithik.


Bahan baku kulit ini cukup mudah didapatkan mengingat daerah gendeng merupakan sentra kerajinan kulit. Harga bahan baku ini perlembarnya 800.000 yang bisa menghasilkan wayang 10 – 15 buah ukuran standar. Rukun Santasa dibantu 6 orang tenaga kerja untuk mengerjakan pesanan dari konsumen. Pesanan kini lebih banyak berupa souvenir atau hiasan sedangkan wayang hanya sekitar 4-5 buah perbulannya.

Mengingat banyaknya perajin yang berusaha dibidang yang sama, Rukun memasang harga yang kompetitif. Harga produknya dijual dengan harga mulai 5000 hingga yang paling mahal 3,5 juta. Rukun kini melayani empat pelanggan tetap dan juga pesanan yang masuk dari berbagai pelanggan. Dalam satu bulan, usaha ini mampu meraih omset yang masih terbilang kecil sekitar 5 juta dengan keuntungan 20%.

Aneka produk kulit ini dipasarkan ke berbagai kota seperti Jogja, Jakarta, Bali dan Medan. Rukun kedepannya ingin mengembangkan usahanya ini agar lebih banyak menjaring pasar. Rukun juga kerap mengikuti pameran di Jakarta, Semarang dan Bali. Pengembangan yang direncanakan yaitu membuat workshop dan showroom yang lebih representatif sehingga konsumen bisa melihat produk sekaligus proses pembuatannya. Kondisi saat ini, modal usaha ini sekitar 10 juta dimana modal awal sebesar 2 juta (Nura/Fernandez).

Info lebih lanjut hubungi :
Rukun Santoso
Gendeng RT 05
Bangun Jiwo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55184
Hp : 0856 289 4514


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: