Posted by: jogjaexpo | October 7, 2012

Riyadi Craft – Kerajinan Tatah Sungging

Tatah sungging adalah kerajinan yang akrab dengan masyarakat Bantul. Hal ini terbukti dengan banyaknya perajin di daerah Pucung, Bangunjiwo dan juga Cabeyan, Panggungharjo. Di Cabeyan ini, ada 50 perajin tatah sungging yang seblumnya 200an perajin dimana salah satunya, Riyadi Dwi Susanto. Riyadi memulai usaha sejak 1987, meneruskan usaha ayahnya.


Produk tatah sungging dari Cabeyan, hampir sama dengan produk2 di sentra lain yaitu wayang pertunjukan, wayang souvenir dan aneka souvenir. Kekhasan dari produk perajin Cabeyan dan juga dimiliki Riyadi yaitu pewarnaan atau sungging yang halus. Riyadi membuat produk dengan kualitas super baik dari segi tatah mauun sunggingnya. Karena kualitas produknya yang terbaik, segmen pasar yang dibidik pun menengah keatas. Untuk pesanan dengan kualitas biasa, Riyadi bekerjasama dengan perajin dari Pucung, Wukirsari.


Riyadi memproduksi wayang baik untuk pertunjukan maupun souvenir. Untuk wayang pertunjukan, Riyadi memproduksi wayang bambangan, katongan, gagahan dan rasaksa. Untuk wayang souvenir, biasanya berukuran 20 cm dan 30 cm. Produk lain tatah sungging ini yaitu gantungan kunci, pembatas buku, dan kipas. Riyadi juga menyediakan topeng kayu selain produk dari kulit. Bermacam-macam produk kerajinan ini dijual mulai harga Rp. 5000 hingga yang paling mahal Rp. 1,7 juta.

Riyadi beserta 16 tenaga kerjanya setiap bulannya memproduksi sekitar 60 buah wayang standar, 300 buah wayang mini, dan 1500 souvenir. Untuk bahan baku, Riyadi memperoleh dari Segoroyoso, Pleret. Kulit mentah tersebut kemudian diproses di daerah Jodog yang kemudian siap ditatah. Proses tatah sungging untuk wayang misalnya, memerlukan waktu satu minggu hingga satu bulan tergantung ukuran dan kualitas produk.

Pasar kerajinan kulit ini masih terbatas di pasar nasional yaitu Jogja, Jakarta dan Bali. Riyadi memasok tiga toko dan tetap menerima pesanan dari konsumen lain. Omset usaha ini Rp. 50 – 60 juta dengan keuntungan sekitar 25% perbulannya. Agar pasarnya semakin luas, Riyadi berharap bisa mengikuti pameran tingkat nasional yang jarang diikutinya. Belum lama ini, Riyadi mengikuti event budaya di Amerika Serikat, tetapi belum berdampak ekonomi terhadap usahanya.

Info lebih lanjut hubungi :

Riyadi Dwi Susanto
Jl. Parangtritis Km. 7,
Cabeyan, Rt. 02 – Rw. 05, Panggungharjo, Sewon, Bantul
Telp : (0274) 7103 468
HP : 0813 2871 3947


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: