Posted by: jogjaexpo | October 7, 2012

Perupa Karitini Home Industry – Perajin Ukir Kayu

Usaha yang berbentuk home industry ini, sebenanya telah dirintis Rohmat bersama 7 orang teman satu kosnya semasa masih kuliah di ISI tahun 1998. Namun setelah menyelesaikan studi mereka, yang lainnya menyebar ke berbagai daerah dan berkarya di sana, sedangkan Rohmat yang menikah dengan warga Sawit, akhirnya menetap di Bantul dan meneruskan usaha tersebut sebagai usaha pribadi dengan nama Perupa Kartini. Usaha yang masih berbentuk home industry ini bergerak dalam bidang kerajinan kayu. Demikian menurut Rohmat saat di wawancarai di workshopnya dusun Sawit, Panggungharjo, Sewon, Rabu (16/11).


Produk yang dihasilkan Rohmat antara lain: meja, kursi, bangku, konsul, hiasan dinding, jubin dari kayu untuk lantai rumah, souvenir, frame berbentuk kotak, bulat dan oval serta tempat buah. Semuanya dari bahan kayu jati, mahoni dan pinus. Sebagai putra asli Jepara dan alumnus ISI, produk karya Rohmat seluruhnya bernuansa seni. Barang-barang yang diproduksi, hanyalah untuk memenuhi pesanan. Sebenarnya masih banyak jenis produk yang dapat dibuatnya seperti kitchen set, almari dan beberapa furniture serta kerajinan lainnya. Namun tanpa order, saya tidak berani untuk berproduksi kata Rohmat.


Kapasitas produksi untuk barang-barang kerajinan bisa mencapai 1.000 pcs per bulan, sedang untuk furniture 200 pcs. Kapasitas produksi tersebut masih dapat ditingkatkan bila ada order, karena sebagian tenaganya adalah tenaga borongan yang sewaktu-waktu dapat direkrut. Saat ini tenaga kerja hariannya 5 orang yang dibayar mingguan. Dalam 2 bulan Rohmat dapat menghabiskan 1 truk bahan baku kayu, yang dibelinya seharga Rp. 4 juta. Kini seluruh proses produksinya dikerjakan di dalam workshopnya yang berukuran 6 x 9 m.

Omzet penjualannya rata-rata Rp. 20 juta per bulan dengan tingkat keuntungan 30 %. Harga jual produk Rohmat terbilang cukup mahal seperti meja dari akar pohon jati Rp. 350 ribu, kursi Rp. 500 ribu, bangku Rp. 300 ribu, konsul Rp. 750 ribu, meja ukuran 140 x 140 x 35 cm Rp. 1 juta, dan tempat buah Rp. 100 ribu serta souvenir Rp. 4.000. Pangsa pasarnya masih terbatas pembeli dari Yogyakarta sendiri. Walaupun kemudian ada pula yang diekspor. Saat ini saya belum memiliki showroom sendiri dan promosi usaha kami hanya dari mulut ke mulut. Kondisi usaha saya saat ini baru sebatas supplier dan belum mampu untuk langsung menjual kepada penggunanya.

Untuk mendukung proses produksinya, peralatan mekanik yang dimiliki Rohmat antara lain : compressor, gergaji circle, jekzo, pasak mesin, amplas gerinda, mesin amplas, dan mesin paku tembak serta bor tangan. Peralatan manual lainnya: gergaji, pisau dan palu. Sebagian besar proses merangkai bahan menjadi satu kesatuan produk, menggunakan lem kayu. (Nura/Fernandez)
————————————————-
Perupa Kartini Home Industry : d/a. Sawit Rt. 02, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta
Contact Person : Rohmat – hp. 081 325 960 679


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: