Posted by: jogjaexpo | October 7, 2012

CV. Naga Sakti – Kerajinan Terakota dan Fiber Semen

Memulai usaha karena tuntutan untuk menafkahi keluarga, Mulyono kini sukses mengelola kerajinan terakota dan fiber semen. Usaha CV. Naga Sakti yang dimulai sejak 2000, awalnya memproduksi gerabah/terakota seperti para perajin di sentra gerabah kasongan. Dengan modal pinjaman bahan baku, Mulyono mulai memproduksi gerabah dan menjualnya di tempat kosong di pinggir jalanan.


Tahun 2003, Mulyono mulai memikirkan produk baru untuk memenangkan persaingan pasar. Fiber semen pun dipilih karena harga bahan baku yang lebih murah, tidak perlu melalui proses pembakaran dan hasilnya lebih kuat. produk viber ini lebih ringan dan karena tidak mudah pecah, proses pengirimannya lebih aman. Untuk produknya, Mujiyono masih tetap mempertahankan bentuk budha dan vas dengan berbagai model dan ukuran. Konsumen bisa memilih produk gerabah atau fiber semen sesuai dengan seleranya masing-masing.


Bentuk budha pada produk cv. nagasakti diwujudkan dalam berbagai produk seperti ponten, relief, tempat surat, hiasan dinding, dan aneka hiasan indoor maupun outdoor. Ukuran produk menyesuiakan keinginan konsumen, menurut Mulyono bisa mencapai 7m. Mulyono dibantu 78 karyawannya mampu memproduksi sekitar 3000 produk baik itu terakota dan fiber dengan berbagai ukuran. Dengan kapasitas produksi yang cukup besar ini, Mulyono membangun lima gudang dan perputaran modal miliaran rupiah.

Produk dengan budha sebagai fokus modelnya, Mulyono fokus di pasar ekspor sebagai pasar produknya. Nagasakti melayani pembeli dari Australia, Eropa, Afrika dan Amerika Selatan. Setiap bulannya sekitar 4-7 kontainer dikirim ke berbagai negara dengan nilai rata-rata 78 juta perkontainer. Dengan omset ratusan juta rupiah, Mujiyono mampu memperoleh keuntungan sekitar 35% dari penjualan produknya tersebut.

Keberhasilan Mulyono menembus dan mempertahankan pasar ekspor, tidak lepas dari kedekatannya dengan buyer. Mulyono berusaha membina hubungan baik dan kepercayaan dengan konsumennya. Selain itu, produk-produknya mengikuti perkembangan dan selera pasar. Mulyono terus berusaha mengembangkan pasar dengan menawarkan produknya secara online.

Info lebih lanjut hubungi :

Cv. Nagasakti
Kasongan, Rt 04, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul
Cp. Mulyono : 0813 2861 6262


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: