Posted by: jogjaexpo | October 7, 2012

Batik Sekar Melati – Kerajinan Kayu

Berusaha di sentra kerajinan batik kayu menuntut perajin untuk memberikan produk yang berbeda sehingga bisa menarik pembeli. Lama bergelut di kerajinan batik kayu, Slamet dengan usahanya Batik Sekar Melati mulai memproduksi kerajinan dengan ciri khas tersendiri. Slamet banyak menerima pesanan produk yang unik seperti genteng kayu dan juga replika nasi bungkus dari kayu. Slamet menggunakan kayu munggur sebagai bahan baku, tidak seperti kerajinan batik kayu yang umumya menggunakan kayu lunak seperti kayu pule.


Memulai usaha Batik Sekar Melati di tahun 1999, Slamet yang sebelumnya banyak memproduksi batik kayu kini condong ke kerajinan kayu munggur. Selain genteng dan replika nasi, produk lainnya yaitu furniture dengan kayu utuh, patung tiga dimensi, frame cermin, dan souvenir. Karena menggunakan kayu munggur dan utuh, produk Slamet berukuran besar, seperti patung loro blonyo yang tinnginya mencapai 1m. Produk-produk tersebut umunya tidak difinishing dengan batik karena merupakan pesanan dari konsumen.


Untuk menyiasati harga bahan baku, Slamet membeli kayu sisa dari industri kapur sehingga harganya lebih murah. Kayu dengan ukuran besar tersebut didatangkan dari sekitar wilayah Jogja.

Produk kayu munggur ini harganya menyesuaikan dengan ukuran dari produknya. Genteng kayu dengan ukuran 28 x 22 x 1,5 harga jualnya 12.500 per biji, furniture mulai 750.000 hingga 4,5 juta, frame cermin 135.000 hingga 1,5 juta, patung 3D 12.500 hingga 7.5 juta dan untuk souvenir rata-rata kurang dari 10.000. Batik Sekar Melati mampu meraih omset dari penjualan produknya sekitar 75 juta perbulan dengan tingkat keuntungan sekitar 25%.

Slamet memilih pasar lokal bagi pemasaran produknya yaitu ke Jogja dan Jakarta. Pasar ekspor pernah menjadi pasar produknya yaitu ke Australia, namun sejak gempa Jogja Slamet lebih fokus ke pasar lokal. kedepannya, Slamet juga berencana membuat produk-produk pengembangan seperti canopy indoor dan gazebo indoor. Perhotelan menjadi pasar yang dibidik Slamet mengingat produknya yang cocok untuk lingkungan indoor. Dengan membuat produk-produk yang inovatif, Slamet bisa memenangkan persaingan di industri kerajinan ini.

Info Lebih Lanjut Hubungi :
Batik Sekar Melati
Krebet, Rt. 04, Sendang Sari, Pajangan, Bantul
Hp : 0878 3911 0050


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: