Posted by: jogjaexpo | October 6, 2012

Suhardi – Perajin Sandal Kulit dan Kulit Sintetis

Suhardi, warga Siderejo, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul menekuni usaha dibidang kulit sejak 1975. Ketrampilan mengolah kulit ini diperoleh setelah bekerja diperajin dan pabrik kulit Sapta Tunggal. Suhardi memutuskan keluar dan membuka usaha kerajinan kulit namun tetap bermitra dengan pabrik Sapta Tunggal dalam hal bahan baku. Suhardi memulai usaha dengan membuat dompet, ikat pinggang, tas dan kini memproduksi sandal kulit.


suhardi kini memproduksi sandal dengan bahan kulit dan kulit sintetis atau vinyl. Sandal kulit ini banyak disukai sebagai oleh-oleh dari Jogja karena harganya yang murah dan desain yang menarik. Suhardi harus membuat model yang bervariasi baik bentuk dan warna agar produknya menarik pembeli. Pembeli wanita menyukai sandal produksi Suhardi ini karena modelnya yang variatif dan harga yang terjangkau. Untuk satu pasang sandal wanita, Suhardi menjual dengan harga Rp. 10.000 dan untuk sandal pria Rp. 16.000. Selain memproduksi sandal untuk dijual, Suhardi juga menerima pesanan dari konsumen. Untuk pemesanan jumlahnya minimal satu kodi atau 10 pasang.


Dalam satu hari, Suhardi mampu memproduksi 2 kodi atau 40 pasang sandal dimana 10 pasang sandal pria dan 30 sandal wanita. Sebelumnya, Suhardi mampu memproduksi 7 kodi perhari namun karena kekurangan modal mengalami penurunan. Suhardi dibantu 4 orang karyawan yang diupah harian. Untuk pemasarannya, sandal kulit ini dijual ke tempat-tempat wisata yaitu Malioboro, Borobudur dan Prambanan. Sebelumnya, sandal kulit ini juga dikirim ke Jakarta dan Bali. Suhardi juga mencoba memasarkan ke toko-toko namun dihentikan karena pembayarannya tidak langsung atau cash.

Dalam kondisi sepi, sandal yang terjual sekitar 5 kodi perminggu sedangkan kondisi ramai mencapai 10 kodi perhari. Pasaran sandal akan ramai pada musim liburan.Omset usaha ini dalam satu bulan sekitar 11,5 juta dengan keuntungan 25%.

Peralatan yang dimiliki untuk produksi sandal ini diantaranya 8 mesin jahit, alat press, alat cap, alat potong dan mall sepatu. Dengan alat press dan jahitan mesin, hasil sandal ini lebih kuat dan awet. Untuk membuat model yang bervariasi, Suhardi juga terbantu dengan alat potong miliknya. Kendala yang dialami usaha ini yaitu kurangnya modal usaha sehingga kapasitas produksinya terbilang kecil.

Info lebih lanjut :
Suhardi
Sidorejo, Rt 06, Pedukuhan 12, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul
Telp : 0857 2969 4951
0856 4334 4379


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: