Posted by: jogjaexpo | October 6, 2012

Saputra Bordir (DJ Collection) – Griya Bordir, Sulam dan Produksi Kebaya Encim

Bordir dan sulam sebagai hiasan yang mempercantik pakaian selalu diminati masyarakat dari masa ke masa. Begitu juga kebaya, pakaian tradisional yang menjadi pilihan busana formal bagi wanita sejak jaman dulu hingga sekarang. Hal inilah yang menjadikan Bambang Triatmoko dan Fathul Jannah berusaha di industri fashion dengan produk utama bordir, sulam dan kebaya encim.


Saputra bordir mulai berdiri pada tahun 1999 namun masih berupa jasa jahit, bordir dan sulam. Kemudian usaha ini mulai meningkatkan ke produksi kebaya setelah melihat respon pasar yang baik. Awalnya kebaya encim ini disetor ke Pasar Beringharjo dan untuk saat ini sudah melayani konsumen seluruh Indonesia dengan label DJ Collection.


Kebaya Dj Collection adalah kebaya encim dengan detail bordir, bordir karawang dan sulam. Bahan yang digunakan utamanya kain blaco, katun paris dan mulai diproduksi kebaya dari lurik. Bahan katun dan warna cerah dari katun paris menjadikan kebaya ini berkesan santai sehingga bisa untuk acara formal maupaun non formal dan menjangkau kalangan yang lebih luas. Kondisi saat ini, Dj Collection dalam satu bulan memproduksi kebaya blaco krawang 350 potong, kebaya blaco bordir 500 potong dan 350 kebaya katun paris.

Kebutuhan bahan baku untuk memproduksi sekitar 1200 potong kebaya untuk kain blaco dan katun paris antara 700 hingga 1000 m. Kain blaco dibeli Bambang dari pabrik primisima di Sleman dengan harga Rp. 12.000 / m, katun paris ke Bandung dengan harga Rp. 20.000 / m dan untuk lurik ke perajin di pedan klaten dengan harga Rp. 25.000/ m. Proses produksi dikerjakan 15 tenaga kerja dimana 8 orang mengerjakan di rumah masing-masing dan 7 orang bekerja di kediamannya untuk mengerjakan proses finishing. Seluruh tenaga kerja ini memperoleh upah secara borongan. Bambang menerapkan standar kualitas terbaik sehingga untuk pengawasannya ada staf untuk bagian quality control.

Kebaya encim produksi Dj Collection harganya beragam, tergantung dari detail bordir dan bahan kain. Kebaya katun paris bordir krawang harga retail Rp. 200.000 dan untuk harga grosir Rp. 150.000, dan untuk kebaya blaco harga retail Rp. 80.000 dan harga grosir Rp. 100.000,-. Usaha ini dari penjualan bordir meraih omset sekitar 60 juta perbulan dengan keuntungan 10-25%.

Pemasaran kebaya encim ini untuk lokal ke berbagai toko seperti Mirota Batik, Margaria dan Toko Batik Sekar Arum. Selain itu, Bambang memasarkan produknya secara online dan sudah melayani konsumen ke seluruh Indonesia. DJ Collection sempat bekerjasama dengan konsumen dari Jepang dengan mengirim kebaya senilai 3- 5 juta selama kurang lebih 1 tahun. Kerjasama ini terhenti setelah ada bencana tsunami di Jepang. Dj collection juga kerap mengikuti pameran di Jakarta, Jec dan kota-kota lain di Indonesia agar produknya semakin dikenal masyarakat.
Sebagai binaan Kementrian Perindustrian, setelah terpilih menjadi Juara I Gugus Kendali Mutu tingkat Provinsi dan Harapan I untuk tingkat Nasional, cukup membantu untuk mengikuti pameran dan bantuan terkait dengan UKM.

Selain memproduksi kebaya encim, Saputra bordir tetap menerima jasa jahit dan bordir. Dengan karyawan yang ada dan 3 mesin bordir juki, 5 mesin jahit dan satu mesin obras, Saputra bordir mampu meraih penghasilan dari jasa sekitar 8 – 10 juta perbulan. Jasa lain yang ditawarkan Saputra Bordir yaitu pelatihan bordir dan sulam dengan tarif Rp. 150.000 / jam. Untuk pelatihan di luar daerah dengan jumlah peserta 20 orang dan waktu pelatihan satu minggu biaya pelatihan sebesar Rp 25 juta. Fathul bekerja sama dengan Kementrian Perindustrian telah memberikan pelatihan antara lain ke Bangka Belitung, Kalimantan dan Palembang.

Info Lebih Lanjut hubungi :

Saputra Bordir (DJ Collection)

Dusun Kauman, Tamanan, Banguntapan, Bantul
Telp : 0818 263 840
Email : romo.djcoll@gmail.com
Blog : djomahbaco.blogspot.com


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: