Posted by: jogjaexpo | October 6, 2012

Papilaks Fashion – Usaha Pakaian Jadi Wanita

Kecenderungan wanita yang suka akan fashion menjadi peluang bisnis yang ditangkap Diah, warga Sumberagung, Jetis, Bantul. Papilaks Fashion yang mulai berdiri pada 2011 awalnya hanya menerima jasa menjahit yang kemudian berkembang memproduksi pakaian jadi. Papilaks fashion pun memilih busana muslim dan mukena anak sebagai produk andalannya.


Produk papilaks fashion saat ini yaitu gamis, mukena anak, blouse wanita dan kemeja pria. Papilaks menggunakan kain batik dengan berbagai kombinasi seperti tye silk, syfon, katun dan bahan lainnya. Konsumen pun bisa memesan bahan khusus seperti lurik, batik tulis, sesuai selera masing-masing. Untuk desainnya, Diah pun membuatkan design atau mengikuti model yang diinginkan konsumennya. Untuk selalu mengikuti trend yang ada, Diah banyak melihat perkembangan mode melalui majalah ataupun internet.

Kapasitas produksi usaha ini dengan 5 tenaga penjahit, sekitar 50 baju perbulan. Jumlah tersebut masih terbilang kecil karena masih terbatasnya pasar serta belum 100% fokus berpoduksi. Papilaks pun sering menerima pembuatan seragam baik seragam untuk busana formal maupaun untuk acara keluarga. Untuk pembuatan seragam pun, papilaks untuk memudahkan konsumennya.

Papilaks fashion menjual produk dengan harga yang terjangkau. Mukena anak harga jualnya mulai Rp. 75 000 hingga Rp. 225.000. Produk Gamis dijual mulai Rp. 350.000 sampai 400.000. dan untuk blouse wanita Rp. 75.000 hingga 100.000. Papilaks fashion dalam satu bulan meraih omset dari penjualan dan jasa menjahit sekitar 5 juta.

Konsumen pakaian jadi ini tidak terbatas di lokal Jogja, namun hingga ke Kudus, Semarang, Solo, Surabaya dan Jakarta. Pemasaran melalui online menjadi kunci papilaks meraih pasar hingga ke luar kota meskipun masih terbatas dengan jejaring sosial. Selain itu, promosi melalui mulut ke mulut cukup mampu menarik pelanggan baru.

Selain menjual untuk pribadi, Papilaks pun menerima reseller dan memberikan harga grosir untuk resellernya. Potongan harga ini diberikan untuk pembelian diatas tiga baju dengan model tidak harus sama.

Info Lebih lanjut hubungi :
Papilaks Fashion
Jl. Imogiri Barat, Barongan RT 06, Sumberagung
Jetis, Bantul, 55781
c.p : Dhiah Maharani
Telp: 0274 – 7830102
E-mail : papilaks_fashion@yahoo.com
Facebook : papilaks fashiona


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: