Posted by: jogjaexpo | October 6, 2012

Kadir Terazzo – Kerajinan Patung Abstrak dan Air Mancur (Water Fountain)

Suranto, warga Lemahdadi, Kasihan, Bantul merintis usaha Kadir Traso pada 2010 dengan produk patung abstrak dan air mancur ( water fountain). Sebelumnya, Suranto menjadi karyawan di usaha pembuatan patung selama kurang lebih 4 tahun dan memutuskan untuk berusaha sendiri. Keinginan untuk lebbih berkembang dan ketrampilan dari pengalaman bekerja menjadi modal Suranto mendirikan Kadir Traso.


Tidak seperti perajin lain yang umumnya bergerak di patung batu, Suranto memilih traso sebagai bahan utama produknya. Suranto memilih traso karena mendapat pesanan dari buyer di Australia berupa patung dan air mancur yang kini rutin di produksinya. Karena rata-rata untuk penempatan di outdoor, produk buatan Suranto berukuran besar, minimal 60 cm. Untuk modelnya, Sesuai pesanan konsumen maupun design yang diajukan Suranto.


Untuk harga produknya, Kadir traso mematok harga mulai 150.000 hingga 1.250.000. Patung abstrak berukuran 1 m dijual dengan harga 300.000 sedangkan ukuran 1,5 m harganya 450.000. Dari penjualan produknya , usaha ini mampu meraih omset sekitar 10 – 15 juta perminggu. Suranto mengambil keuntungan sekitar 20%. Kondisi saat ini, perputaran modal usaha ini sekitar 50 juta perbulan.

Bahan yang digunakan untuk kerajinan ini antara lain mill, serbuk marmer, semen abu-abu, semen putih, serat fiber (mate), kerangka besi dan pewarna hitam (zendi). Bahan baku tersebut beberapa didatangkan dari luar daerah yaitu mill dari Gunungkidul sedangkan serbuk traso dari Tulungagung. Pewarna hitam digunakan untuk pesanan dengan warna hitam, sedangkan untuk warna putih cukup menggunakan semen putih. Proses pengerjaan produknya memerlukan waktu sekiar satu minggu per set berisi 2 pieces. Lamanya pengerjaan disebabkan ukuran produk yang lumayan besar sehingga pengeringannya memerlukan waktu yang cukup lama karena masih tergantung sinar matahari.

Suranto bersama 20 tenaga kerjanya setiap minggu menyelesaikan sekitar 14 set produk dengan nilai 10 – 15 juta. Produk tersebut pack dalam satu truck untuk kemudian di kirim ke Australia. Kadir traso kini melayani 3 buyer dari Australia dengan kantor perwakilan di Jogja dan Solo. Selain buyer tersebut, beberapa pembeli terkadang datang dan membeli produknya. Di awal usahanya, Suranto membuka showroom di Kasongan namun tidak dilanjutkan lagi. Banyaknya pesanan dari Australia menjadi pertimbangan, sehingga Suranto khawatir tidak mampu melayani pembeli secara retail. Suranto pun sampai saat ini masih mengandalkan promosi dari mulut kemulut

Dalam menjalankan usahanya, Suranto belum mengalami kendala yang brarti. Saat ini kendala usaha ini yaitu biaya pembuatan cetakan (mall) yang cukup besar. Keuntungan yang didapat selama ini belum bisa dimaksimalkan untuk mengembangkan usaha karena terserap untuk biaya pembuatan cetakan.

info lebih lanjut hubungi :
Kadir Traso

lemahdadi Rt 03, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul
Yogyakarta, 55184
cp : Suranto / Kartini
Hp : 0812 2722 2455
(0274) 6465140

E-mail : kadirtrazzojogja@yahoo.com


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: