Posted by: jogjaexpo | October 5, 2012

Sugiyono Home Industry – Perajin Mainan Anak-anak

Usaha yang ditekuni Sugiyono (50) tergolong kerajinan mainan anak-anak. Usaha ini telah ditekuninya selama 22 tahun atau tepatnya mulai tahun 1990. Produk yang dihasilkan adalah mobil-mobilan dari kayu dan jaran goyang. Mobil-mobilan yang dibuat hanya satu jenis yakni jenis truk baik bak terbuka maupun truck tangki. Menurut Sugiyono ketika ditemui di rumahnya Selasa (27/03), semua yang diproduksi sudah ada yang memesan, sehingga saya hampir tidak mengalami kesulitan memasarkan.


Produk yang sudah jadi, diambil langsung para bakul, tetapi ada pula yang saya antarkan sendiri seperti ke Gembira Loka, Imogiri dan alun-alun utara. Harga jual mobil-mobilan yang dibuat Sugiyono mulai dari Rp. 15.000, 30.000, 40.000 dan yang paling besar seharga Rp. 50.000. Tapi yang paling laku yang seharga Rp. 15.000. Harga ini bukan harga grosiran, tapi harga pabrikan. Sedangkan harga jual untuk kuda goyang per buah Rp. 50.000.


Dalam sebulan Kapasitas produksi untuk mobil-mibilan 50 buah, sedangkan kuda goyang sebanyak 50 buah. Bila banyak pesanan, kapasitas produksi masih dapat saya tingkatkan, karena tidak ada tingkat kesulitan dalam pembuatan ke dua produk ktersebut baik bahan maupun proses pengerjaannya. Rata-rata dalam sebulan Sugiyono mampu menghasilkan omzet Rp. 5,5 juta. Sedangkan tingkat keuntungannya mencapai 50 % atau sebesar Rp. 2,75 juta. Menurut penjelasan suami Suparti ini, produknya paling laris di musim liburan sekolah.

Bahan baku yang digunakan adalah kayu sengon ukuran 150 x 10 x 2 cm yang dibelinya dengan harga Rp. 2.000 per lembar. Selain papan sengon, juga tripleks, lem, cat dan paku. Bahan-bahan tersebut tidak sulit untuk didapat karena bisa dibeli di penjual kayu sengon di sekitar kampungnya. Selama ini usaha tersebut hanya dikerjaan berdua bersama sang istri Suparti dan belum membutuhkan tambahan tenaga kerja.

Untuk rencana ke depannya, sampai saat ini Sugiyono belum memikirkan. Biarlah semuanya berjalan apa adanya. Ia masih berorientasi hanya kepada bakul pelanggannya yang ada. Bila nantinya pesanan memang sangat banyak dan membutuhkan tambahan tenaga, baru akan saya pikirkan saat itu. Peralatan yang digunakan juga sangat sederhana yakni pasah mesin maupun tangan, gergaji, tatah, bor dan palu.

Pangsa pasarnya yang masih terbatas di Yogyakarta, sama sekali tidak membuat Sugiyono risau. Sambil mengerjakan usaha lainnya yakni tambal ban, Sugiyono terkesan santai menjalankan usaha, sesuai kemampuannya yang ada saat ini. Sugiyono juga berpesan bahwa model atau jenis lainnya dari produk mobil-mobilannya, dapat saja saya kembangkan sesuai permintaan yang ada. Prinsipnya saya menerima pesanan yang mereka yang membutuhkan. ( Nura/Fernandez )

———————————————

Sugiyono : d/a. Wojo Rt. O5, Bangunharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta – hp. 087 839 200 988


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: