Posted by: jogjaexpo | October 5, 2012

Batik Nyonya Indo – Batik dengan Motif Kontemporer

Batik tulis yang terkesan klasik, hadir dengan nuansa berbeda yaitu lebih dinamis dan modern. Brand Nyonya Indo, adalah produsen batik tulis, pok pokan dan juga batik cap dengan motif dan pewarnaan yang eksploratif. Brand Nyonya Indo dipilih karena menggambarkan perempuan sebagai ujung tombak produksi yaitu dalam proses pembatikan. Meskipun begitu, koleksi batik Nyonya Indo hadir untuk perempuan dan laki-laki. Pemilik usaha ini Priscilla Saputro dan Moses mengembangkan usaha batik tulis ini sejak 1998


Kekuatan batik Nyonya Indo adalah motif dan pewarnaanya yang berbeda dengan kain batik pada umumnya. Motif-motif klasik di padu padankan dalam satu kain sehingga menghasilkan perpaduan motif yang kaya, rumit, namun tetap dinamis. Pewarnaannya pun lebih berani, tidak lagi hanya terbatas pada warna sogan, batik Nyonya Indo kaya akan warna. Dalam proses produksi, digunakan pewarna alami dan buatan serta dilakukan dalambeberapa kali pencelupan, namun hasilnya tetap serasi. Batik Eksplorasi motif dan pewarnaan ini langsung dikerjakan oleh pemiliknya, Moses sekaligus kontrol kualitas pada proses produksinya.


Bahan dasar kain batik ini terbuat yaitu sutera untuk batik tulis dan katun untuk batik pok pokan. Sedangkan untuk batik cap yang banyak untuk selendang atau syal bahannya lebih beragam yaitu katun, krep, sifon, dan organdi. Kain batik tulis ini umumnya dijual dalam paket sariombit berisi tiga potong kaion untuk sarung, selendang dan hem pria maupun dijual terpisah. Untuk koleksi pakaian jadi, Nyonya indo membuat hem pria, blouse wanita, sackdress dan koleksi lainnya.

Kapasitas produksi dalam satu bulan untuk batik tulis sutera saat ini 45-60 potong. Kain batik katun 150 potong dan kain batik cap sebulan mencapai sekitar 300 lembar. Dengan sasaran segmen menengah keatas, kain batik sutera dijual dengan harga mulai 1,5 juta. Batik katun Rp. 100 – 500 ribu dan kain batik cap Rp. 50 – 150 ribu. Lamanya pengerjaan, kerumitan motif, pewarnaan menjadikan batik tulis dibanderol dengan harga tinggi. Pengerjaan kain batik tulis bisa memakan waktu hingga tiga bulan untuk satu potongnya.

Batik Nyonya Indo dipasarkan melalui beberapa showroom yaitu di hotel Hyatt dan Seraton Yogyakarta dan satu gerai di Jakarta yaitu di Belezza Shopping arcade. Selain itu beberapa pelangganya juga tersebar di beberapa kota seperti Surabaya, Medan, Bali, Jogja dan Jakarta. Batik Nyonya Indo menekannya pelayanan berkualitas kepada Konsumen dan menjaga kedekatan dengan pelangganya.

Info lebih lanjut hubungi :
Bagian Marketing :
Dewi , Hp : 081 2288 99940
Bagian Produksi
Eko, Hp : (0274) 680 9096
Sidorejo, Rt.06, Duku XII, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: