Posted by: jogjaexpo | October 2, 2012

Widayati – Perajin Perhiasan Kuningan

Pengantin atau penari seringkali menggunakan berbagai perhiasan dari kuningan yang menjadikan penampilannya semakin menarik. Gelang, kalung, ikat pinggang (pending) adalah sebagian dari perhiasan tersebut. Warna emas atau perak dan detail ukiran untuk tiap perhiasan menjadikan perhiasan ini pas untuk menghias pemakainya. Perhiasan kuningan inilah menjadi sumber penghasilan Widayati dan keluarganya sejak tahun 1982.


Widayati dikenal dengan produk utamanya pending atau ikat pinggang disamping produk lainnya seperti kalung, gelang bodho, gelang klabau dan tusuk konde. Semua produk tersebut dibuat dari lembaran kuningan dengan ukuran 0.2, 0.3, dan 0.4. Ukuran tersebut membedakan ketebalan dan juga harga produknya. Untuk model, Widayati memproduksi 4 model pending, 3 model kalung, 3 model gelang bodho, dan 1 model gelang klab bahu. Untuk produk yang paling laris yaitu pending, harga jualnya Rp. 8500- 25.000.


Bahan pembuatan perhiasan kuningan ini yaitu kuningan, kawat, emas, perak dan beberapa bahan tambahan. Yati membeli kuningan dari Kotagede atau semaki berupa lembaran dengan ketebalan 0.2mm, 0,3 mm dan 0,4 mm. Satu lembar ukuran 0,2 dibeli dengan harga Rp. 43.000, ukuran 0,3 mm Rp. 75.000 dan ukuran 0.4 harganya Rp. 105.000. Lempeng kuningan ini dipotong dalam ukuran kemudian di cetak menggunakan cetakan dari besi sesuai model dan motifnya. Potongan yang telah dicetak kemudian dirangkai menggunakan kawat sesuai rangkaiannya.

Suami ibu Yati, Harmaji beserta 6 orang tenaga kerjanya dalam satu bulan memproduksi sekitar 60 kodi semua ukuran. Oleh widayati, perhiasan kuningan tersebut disetor ke 10 orang pedagang di daerah Kotagede. Pedagang tersebut kemudian menjual produknya ke Pasar Beringharjo, Jakarta, Surabaya, Bandung, Sulawesi, dan Medan. Biasanya pesanan akan melonjak pada bulan April, Agustus atau bulan dimana banyak hajatan pernikahan. Omset usaha ini perbulannya sekitar 15 juta dengan keuntungan 10%. Usaha ini banyak mengalami penurunan sejak krisis moneter dan semakin tingginya harga emas di pasaran.

Info lebih lanjut hubungi :

Widayati
Mutihan No.110 Rt:03 Rw:08 Wirokerten, Banguntapan, Bantul
telp. (0274) 443 6 344
HP. (0274) 783 2943


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: