Posted by: jogjaexpo | October 2, 2012

Bambu Pangestu – Perajin Produk Bambu Batik & Topi Rotan

Bambu Pangestu dengan batik bambunya sebagai produk unggulan saat ini, dirintis Pairin mulai 2009. Pairin terinspirasi dari dua jenis kerajinan yang banyak terdapat di dusunnya yakni batik kain dan kerajinan bambu. Kombinasi dari dua jenis kerajinan tersebut disatukan Pairin dalam wujud batik bambu. Ternyata produk ini diminati pembeli, terutama tempat pensil. Walau produk jenis ini belum banyak diproduksi orang, namun Pairin sendiri juga belum dapat memproduksi secara massal, karena kendala pasar.


Saat ditemui di rumahnya Selasa (01/05), Pairin mengatakan bahwa produk batik bambu masih belum memiliki pangsa pasar yang tetap. Saya menjualnya lewat berbagai kegiatan pameran seperti Bantul Expo, ke sekolah-sekolah melalui anak saya dan kepada para pengunjung desa wisata Lopati. Harga jual produk batik bambu dari Rp. 5.000 sampai Rp. 50.000. Ketrampilan yang telah saya miliki ini akan tetap saya pelihara, namun untuk memproduksinya, akan bergantung pada pesanan yang masuk.


Jenis produk batik bambu yang diproduksi antara lain : tempat pensil, topeng hiasan dinding, vas bunga, figura, tempat lilin, nampan, teko dan cangkir serta aneka souvenir. Proses membatik pada produk batik bambu, sama persis dengan proses membatik pada batik kain. Produk lain yang dihasilkan juga oleh Bambu Pangestu : kandang ayam ukuran besar, tanggung ( 95 x 50 x 48 cm ) dan kecil ( 65 x 40 x 38 cm ), kronjot/krondo dan kerei/tirai serta topi rotan. Ke depannya Pairin berencana untuk memproduksi topi dari bambu.

Kapasitas produksi untuk produk batik bambu antara 20 – 30 unit per bulan, namun kapasitas tersebut dapat ditingkatkan berlipat-lipat bila memang ada pesanan. Sedangkan kandang ayam dan kronjot rata-rata 1 unit per hari atau 30 unit per bulan. Topi rotan dapat diproduksi sebanyak 30 buah per hari. Harga jual topi rotan Rp. 20.000 per buah, kerei Rp. 35.000 / m, kronjot Rp. 40.000 – 50.000, sedangkan kandang ayam tanggung Rp. 30.000 dan yang kecil Rp. 20.000.

Saat ini yang menjadi produk unggulan Bambu Pangestu adalah batik bambu, kronjot, kandang ayam dan kerei. Namun ke depannya diproyeksikan yang akan menjadi unggulan adalah topi rotan, topi bambu dan aneka produk batik bambu. Dengan modal usaha yang tidak terlalu besar yakni Rp. 8 juta dan omzet penjualan sebesar Rp. 2,5 – 3,5 juta per bulan, Pairin bisa memperoleh keuntungan 20 %. Bahan baku bamboo sendiri didatangkan dari Kulon Progo dan atau Purworejo dengan harga Rp. 6.000 per batang. ( Nura/Fernandez )

——————————————

Bambu Pangestu : d/a. Paten Rt. 95 Dukuh 14 Lopati, Trimurti, Srandakan, Bantul, Yogyakarta.
Contact Person : Pairin – hp. 081 392 883 667, e-mail : pairinahsan@yahoo.co.id


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: