Posted by: jogjaexpo | October 1, 2012

Sumber Rejeki – Usaha Daur Ulang Sampah Kemasan Produk

Kemasan produk (plastik) bagi masyarakat merupakan sampah yang dibuang dan sulit terurai oleh tanah. Kemasan yang dianggap sampah tersebut bisa dikreasikan menjadi aneka tas dan produk menarik lainnya. Sumber rejeki, usaha yang dirintis Agustina Sunyi, warga Sumberagung, Jetis Bantul setiap hari mengolah aneka kemasan plastik menjadi bermacam-macam produk.


Agustina memulai usaha ini pada pertengahan 2009 setelah mengikuti kunjungan pengelolaan sampah ke Gamping, Sleman. Dari kelompok ibu-ibu yang berkunjung, hanya Agustina lah yang tergerak untuk memproduksi kerajinan tersebut. Agustina memulai dengan meniru tas yang sama dengan contoh yang dibeli pada kunjungan. Kini, Agustina dengan dibantu 20 tenaga kerjanya memproduksi sekitar 65 model produk. Agustina juga kerap mencari tahu produk yang dibutuhkan masyarakat dan menciptakan model yang uptodate.


Produk olahan kemasan produk ini yaitu tas wanita, tas kerja pria, jas hujan, tas laptop, ransel, tempat pensil, tempat sampah, tutup galon, tempat sepatu, taplak meja, dompet, tempat arsip, bantal dan masih banyak lagi. Produk yang terbilang baru yaitu tas raket, tas laptop dan tempat sampah dari triplek. Untuk tiap jenis produk, seperti tas wanita atau dompet modelnya bermacam-macam dan bisa menyesuaikan keinginan konsumen. Untuk membuat produk daur ulang tersebut, Agustina menggunakan bahan-bahan tambahan. Bahan tambahan yang digunakan yaitu furing, mika, cordore, spon ati, kain batik, vinyl, baseband, busa dan triplek. Banyaknya bahan tambahan yang digunakan menjadikan harga produk menjadi cukup mahal.

Agustina memperoleh bahan baku produknya, kemasan produk dari pengepul dan juga dari supermarket besar atau toko grosir. Harga bahan baku tersebut Rp. 3000 kg, sedangkan untuk ukuran besar Rp. 300 perlembar. Sebelum diolah, kemasan plastik dicuci, dikelompokkan dan dipotong baru kemudian dijahit. Sisa potongan plastik pun digunakan untuk isi bantal sehingga tidak ada bahan yang terbuang.

Harga produk sumber rejeki bervariasi tergantung model, ukuran dan bahan yang digunakan. Harga tas wanita Rp. 15 – 60 ribu, tas laptop Rp. 25 – 60 ribu, tempat arsip Rp. 25 ribu dan untuk tempat galon Rp. 35 ribu. Produk lainnya yaitu taplak meja Rp. 30 – 200 ribu, tempat pensil Rp. 7 – 23 ribu dan untuk bantal sofa Rp. 45 ribu. Sumber rejeki dalam satu bulan meraih omset sekitar 1 juta dengan keuntungan 5%.

Agar produknya semakin dikenal masyarakat, agustina kerap mengikuti pameran diantaranya PRJ, Invesda expo, texcraft, bantul expo dan JCC expo. Sumber rejeki juga kerap menerima kunjungan dari berbagai daerah seperti Lampung, Papua, Surabaya dan Jakarta. Sumber rejeki juga menitipkan produknya di toko yang berada di jalan parangtritis dan jalan solo.

Info lebih lanjut hubungi :
Sumber rejeki
Jl. Imogiri Barat Km. 10
Bulus wetan, Sumberagung, Jetis, Bantul
Cp : Agustina Sunyi
Hp : 0274 – 6838411 / 0856 4369 7882
email : agustina_sunyi@yahoo.co.id


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: