Posted by: jogjaexpo | October 1, 2012

Ghofari Crafts – Furniture dan Kerajinan Kayu

Banyaknya pengusaha menjadi tantangan bagi pelaku usaha untuk menghasilkan produk yang berbeda dan berkualitas. Berbagai ciri khas berupa permainan detail, bahan dan model menjadi kekuatan masing-masing berajin sebagai kekuatannya. Ghofari crafts yang berdiri sejak 2004, memberikan produk dengan design dan bahan baku yang terjamin kualitasnya.

 


Ghofari crafts merupakan usaha milik bersama M. Sholahudin, Purwanto Basuki dan Surono. Pendidikan dari SMIK menjadi bekal ketiganya berusaha di bidang kayu yang eksis hingga saat ini. Ghofari crafts memproduksi furniture, kerajinan kayu, bubut kayu, dan menerima jasa bubut ukir. Furniture yang dibuat seperti meja, almari, bufet, tempat tidur dan furniture lain sesuai kenginan konsumen. Desain produk biasanya oleh Ghofari Crafts dimana desain sebagian besar dari Sholahudin sedangkan untuk produksi dikerjakan Purwanto dan Surono. Selama ini untuk pesanan furniture, modelnya menyesuaikan keinginan konsumen dengan membawa contoh gambar ataupun langsung berdiskusi membahas konsep desain yang diinginkan.

 


Harga produk menyesuaikan ukuran, desain dan bahan yang digunakan. Meja Kursi mulai Rp. 2,5 juta – 20 juta, Gebyok ukir mulai Rp. 2,5 – 16 juta, kitchen set per m Rp. 1,5 juta untuk finishing melamin dan 1,7 juta untuk finishing duco. Kusen ukuran 6 X 12, permeternya Rp.70 – 100, Sedangkan untuk jasa ukir, Rp. 10 ribu per 10 cm sedangkan untuk jasa bubut menyesuaikan bentuk dan ukuran. Usaha ini perbulan mampu meraih omset sekitar 40 juta dengan keuntungan 5-10 juta perbulan. Setiap bulan akan dilakukan pembukuan dan membagi keuntungan yang diperoleh bersama.

Tenaga kerja usaha ini untuk divisi produksi sejumlah 10 karyawan. Dalam satu bulan, kapasitas produksi untuk meja mencapai 200 unit, almari sekitar 100 unit, bufet 75 unit, kitchen set sekitar 5 unit. Kapasitas ini menyesuaikan ukuran dan kerumitan produk yang dikerjakan. Untuk dapat mencapai kapasitas tersebut, selain dukungan tenaga kerja, Purwanto juga didukung peralatan mekanik yang dipunyai. Mesin yang dipunyai yaitu mesin jointer, planner, circle, bor vertikal, bor tangan, paku tembak, dan mesin bubut.

Sedangkan untuk bahan baku, usaha ini menggunakan kayu jati lawas, kayu jati baru, mahoni, suren, kayu kalimantan, kayu mindi dan kayu lain menyesuaikan budget dan selera pemesannya. Purwanto menyampaikan, konsumen saat ini lebih menyukai bahan baku kayu lawas meskipun harganya lebih mahal dan pengerjaanya lebih lama. Kayu lama ini didapat Purwanto dari pengepul sedangkan untuk kayu baru di wilayah sekitarnya.

Pemasaran produk Ghofari crafts tidak terbatas di wilayah Jogja namun hingga ke Jakarta, Bekasi, dan Bogor. Purwanto apabila pesanan sedang kosong, menawarkan ke berbagai supplier sehingga tetap berproduksi.

Info lebih lanjut hubungi :
Ghofari Crafts
Grojogan wirokerten banguntapan bantul rt 04/rw 02 (home business)

Workshop :
Kertopaten, Rt 02, Wirokerten, Banguntapan, Bantul
C.P Purwanto Basuki :
(0274) 7889656 / 0857 2983 33719
e-mail : bast_wood@yahoo.co.id


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: