Posted by: jogjaexpo | October 1, 2012

Eko Purwanto – Perajin Mebel Bambu

Mebel bambu bisa menjadi pilihan masyarakat yang menginginkan mebel dalam nuansa berbeda. Dari segi bentuk dan model, mebel bambu ini tidak kalah dengan mebel kayu pada umumnya. Eko Purwanto, warga Bojong, Wonolelo, Pleret, Bantul menekuni usaha mebel ini sejak 2000. Kerajinan mebel ini tidak hanya dijalani oleh Eko, tapi hampir sebagian masyarakat di Bojong.


Eko beserta 3 orang karyawannya memproduksi mebel bambu berupa kursi panjang, kursi malas, meja, tempat tidur, almari, rak dan sekat ruangan. Dari berbagai produk tersebut, Kursi panjang yang biasa disebut lincak dan kursi malas adalah produk yang paling laris dipasaran. Untuk produk lainnya, biasanya merupakan produk pesanan dan tidak setiap hari diproduksi.


Harga mebel bambu ini cukup terjangkau untuk satu kursi Rp. 43 ribu, meja Rp. 41 ribu dan untuk kursi panjang Rp. 45 ribu. Satu set meja kursi Rp. 170 ribu, kursi malas 52 ribu, Almari Rp. 110 – 210 ribu, tempat tidur Rp. 70 ribu , rak Rp. 60 ribu dan sekat Rp. 110-210 rb. Eko juga menerima pesanan kerai bambu dengan harga Rp. 15.000 per m2. Untuk memasarkannya, Eko mempunyai dua tenaga pemasaran yang memasarkan ke wilayah Jogja, Prambanan, Kalasan dan hingga ke Klaten.

Bambu yang dipilih untuk mebel ini adalah bambu wulung, bambu dengan kulit berwarna hitam. Bambu ini dipilih karena akan menghasilkan mebel dengan warna yang menarik. Eko mendatangkan bahan baku ini dari daerah Kulon Progo karena di daerah sekitarnya sudah sulit didapatkan. Eko biasa membeli satu truk bambu berisi sekitar 300 batang dengan harga Rp. 2,5 juta untuk kebutuhan 3 minggu. Meskipun masih menggunakan alat manual, Eko dalam satu bulan mampu menghasilkan sekitar 200-250 kursi panjang .

Eko memulai usaha ini dengan modal pinjaman Rp. 250.000 yang dibelikan 50 bambu dan belajar membuat mebel dari perajin lain selama satu hari. Kini, perputaran modal usaha ini mencapai Rp. 2,5 juta. Kedepannya, Eko berharap mempunyai showroom di daerah yang mudah diakses masyarakat sehingga pemasaran produknya semakin lancar. Eko juga berusaha menciptakan produk-produk baru dan mengaplikasikan ukiran agar produknya lebih variatif.

Info Lebih Lanjut Hubungi :
Eko Purwanto
Bojong, Rt 03, Wonolelo, Pleret, Bantul
Hp : 0818 0265 0789
0878 389 904 71


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: