Posted by: jogjaexpo | October 1, 2012

Dasilan Keramik – Perajin Gerabah

Gerabah atau keramik akrab sebagai mata pencaharian masyarakat Bantul dengan sentranya di daerah Pundong dan Kasongan. Kerajinan gerabah ini merupakan usaha turun temurun, dan sudah berlangsung selama beberapa generasi. Hal inilah yang dijalani Dasilan, warga Jetis, Panjangrejo, Pundong Bantul dengan usahanya Dasilan Keramik. Memulai usaha sejak 1990, Dasilan dibantu istri dan keluarganya menghidupkan usaha ini.


Dasilan, seperti halnya perajin lain di Panjangrejo produknya didominasi souvenir tidak didominasi kerajinan seperti guci atau vas. Untuk produk souvenir, Dasilan memproduksi asbak, tempat lilin, tempat sabun, tempat pensil, wadah aroma terapi dengan berbagai model untuk tiap jenisnya. Dasilan selain souvenir juga memproduksi kap lampu taman, vas, piring berbagai gerabah sesuai pesanan konsumen. Hampir seluruh produk dari dasilan merupakan pesanan dari konsumen. Konsumen biasanya membawa contoh produk atau gambar beserta ukurannya kemudian diproduksi oleh Dasilan. Kapasitas produksi gerabah ini perbulannya mencapai 2500 pieces dengan berbagai ukuran.


Souvenir yang umumnya berukuran kecil mempengaruhi harga jualnya yang relatif murah, mulai harga Rp.200 hingga Rp. 7500. Produk lainya yang berukuran lebih besar harga jualnya mulai Rp. 6000 hingga yang paling mahal Rp. 25.000. Dasilan menjual produknya satuan atau dalam satu set berisi tiga produk dengan ukuran berjenjang. Omset penjualan usaha ini masih terbilang kecil, sekitar Rp. 4jt perbulan.

Bahan baku gerabah ini diperoleh dasilan dari Godean dan Kalibawang. Dasilan membuat gerabah dari percampuran tanah dari kedua daerah. Untuk pembeliannya, dua truk tanah liat yang bisa digunakan untuk persediaan selama 4 bulan. Harga dua truk tanah liat Rp. 850.000 , dimana tanah ini masih harus digiling selama tiga kali yang ongkosnya hampir sama dengan harga beli tanah yaitu Rp. 850.000.

Pelanggan keramik Dasilan dari lokal Bantul seperti Kasongan dan Jetis. Pembeli dari kasongan yang menjadi langganan Dasilan ada empat orang dimana salah satunya Timboel Keramik. Kerjasama dengan Timboel Keramik sudah berjalan selama kurang lebih 15 tahun dan masih berjalan hingga saat ini. Pesanan dari Timboel Keramik berupa Set piring bulat dan kotak dan juga guci berukuran mini. Selain Timboel Keramik, Dasilan juga menerima pesanan dari PT. Infiniti Multi Kreasi namun hanya beberapa kali. Pesanan dari para pelanggannya masih dalam bentuk mentah atau belum di finishing.

Info lebih lanjut hubungi :
Dasilan Keramik
Alamat : Jetis Rt.02, Panjangrejo, Pundong, Bantul 55771
Telp & HP : (0274) 654 3614, 0818 0430 2591


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: