Posted by: jogjaexpo | October 1, 2012

Darto Harjono – Perajin Gamelan

Gamelan yang merupakan instrumen musik jawa terdiri dari beberapa jenis alat musik seperti gong, kendang dan kempul. Membuat seperangkat gamelan menjadi suatu instrumen yang harmonis memerlukan keahlian khusus yang tidak banyak dimiliki. Salah satu perajin gamelan yang ada di Bantul yaitu Darto, Harjono warga Potorono, Banguntapan, Bantul. Darto merupakan generasi keempat sebagai perajin gamelan, yang merupakan ketrampilan turun temurun.


Darto membuat semua instrumen gamelan yaitu rebab, gambang, gender, gender penerus, slenthem, bonang, kenong, kempul, gong suwukan, gong besar, demung saron, saron peking, kendang, dan siter. Darto melayani pembuatan gamelan per set utuh laras slendro, pelog ataupun slendro pelog maupun satuan. Dari seluruh perangkat yang ada, Darto spesialis membuat gender dan gambang. Selain itu, Darto juga menerima service gamelan baik nglaras maupun memperbaiki perangkatnya.


Harga tiap ornamen berbeda, tergantung bahan dan kualitasnya. Harga jual rebab Rp. 250 – 350 ribu, gender Rp. 1 – 4 juta, gambang Rp. 1 – 2,5 juta, gender penerus Rp. 1-3,5 juta, slenthem Rp. 1 – 4,5 juta, kenong, kempul Rp. 2,5 – 3,250 juta, demung Rp. 7,5 – 8 juta, saron Rp. 3-4 juta, dan siter Rp. 250 – 500 ribu. Untuk harga satu set laras slendro, gamelan berbahan besi harga jualnya Rp. 30 – 35 juta, berbahan kuningan Rp. 75 – 100 juta dan untuk perunggu Rp. 150 – 200 juta. Satu set gamelan laras harga jualnya lebih tinggi, dari besi Rp. 40 jutaan, kuningan Rp. 100 – 125 juta dan perunggu Rp. 250 – 300 juta. Sedangkan untuk laras slendro pelog, gamelan dari bahan besi Rp. 50 – 75 juta, kuningan Rp. 100 – 200 juta dan untuk perunggu mulai Rp. 100 juta – 1 milyar. untuk jasa service, Darto mematok biaya mulai Rp. 100 ribu hingga 6 juta tergantung tingkat kerusakannya

Pembuatan gamelan ini menggunakan besi, kuningan dan perunggu sesuai permintaan dari konsumen. Tiap bahan pun mempunyai tingkatan kualitas berbeda, menyesuaikan permintaan dan dana yang dimiliki pemesan. Untuk kayu, Darto menggunakan kayu nangka, munggur, pelem dan jati. Bahan baku tersebut didapatnya di sekotar Jogja dan Solo. Dalam produksinya, Darto dibantu 4 tenaga tetap dan 15 tenaga tambahan apabila banyak pesanan. Darto dalam sebulan mampu memproduksi 4 -5 buah gender dengan kualitas terbaik sedangkan untuk membuat satu set gamelan memerlukan waktu 1,5 hingga 3 bulan. KOndisi saat ini, Darto melayani 10 pelanggan berupa 15 gender dan 7 gambang.

Meskipun penikmat gamelan ini umumnya masyarakat jawa, pasar gamelan produksi Darto tidak terbatas di Jawa. Gamelan Darto dipasarkan ke Seluruh wilayah Jogja, Solo, Surabaya, Semarang, Jakarta, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Gamelan ini juga dikirim ke berbagai negara yaitu Jepang, Amerika, Perancis, Jerman dan Belanda. Selain melayani beberapa daerah di luar jawa, Darto juga melayani gamelan gaya Sunda, Kalimantan dan gamelan daerah lainnya. Pemesan gamelan ini penikmat gamelan, Grup karawitan, Universitas, Sekolah, Instansi pemerintah dan Gereja.

Info Lebih Lanjut Hubungi :
Mertosanan Kidul, Priyan, RT.04, Potorono, Banguntapan, Bantul
Telp/HP : 081 227 990 73


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: