Posted by: jogjaexpo | October 1, 2012

Darminto – Perajin Kulit

Kerajinan kulit yang tersebar di berbagai daerah di Bantul juga bisa ditemui di Argomulyo, Sedayu, Bantul. Darminto, pemilik usaha ini telah lama berkecimpung di kerajinan kulit sejak tinggal di kota Yogya. Bersama tiga rekannya, Darminto mendirikan usaha kulit yang kemudian bubar setelah salah satu rekannya meninggal dunia. Darminto kemudian merintis usaha kembali sejak 1999 dan bertempat di Argomulyo, Sedayu, Bantul. Ketrampilan mengolah kulit ini diperoleh dari orang tuanya yang juga berkecimpung di usaha kulit. Orang tua Darminto mengolah kulit menjadi bola sepak, sepatu bola, koper dan produk kulit lainnya.


Darminto pada awal usahanya menerima pesanan perhiasan seperti anting-anting dan kalung dari kulit. Variasi warna menjadi pilihan Darminto dalam proses pengerjaanya. Pesanan kemudian datang berupa pesanan dompet secara retail dari pembeli asal perancis. Sampai saat ini, Darminto terus melayani pesanan untuk produk yang dikirim ke Luar negeri. Saat ini, Darminto bekerja sama dengan perajin kayu dari Salatiga mengerjakan pesanan rak lipat.


Darminto memproduksi kerajinan kulit dengan kualitas tinggi untuk konsumen menengah keatas. Oleh Darminto, kulit ini tidak hanya diolah menjadi produk fashion tetapi lebih banyak ke produk peralatan rumah tangga. Tempat koran, laundry box, bingkai cermin, cushion, tempat sampah, rak tempat koper, dan tempat botol minuman adalah sebagian produk untuk perlengkapan rumah tangga. Sedangkan untuk produk fashion, Darminto memproduksi aneka tas, tas pasport, dan dompet. Darminto menekankan proses pembuatan tanpa mesin (handmade) dengan kualitas terbaik sehingga konsumen puas dengan hasil produksinya. Saat ini Darminto dibantu 3 orang tenaga tetap dan sekitar 10 tenaga lepas dalam proses produksi.

Bahan baku kulit diperoleh dari Magetan, Jawa tengah dengan harga 12.000 per 1 feet. Setelah dioleh menjadi produk, harga jual produknya mulai Rp. 30.000 hingga yang paling mahal Rp. 400.000,-. Darminto banyak melayani pesanan untuk ekspor sehingga harga produknya di patok dalam harga dollar. Dari penjualan produknya, usaha yang dikelola dengan istrinya ini mampu meraih omset sekitar 3000 dolar atau senilai Rp. 27.000.000 dengan kurs 1$ senilai Rp. 9000 dengan keuntungan 30%.

Untuk mengembangkan usahanya, Darminto mulai memikirkan memanfaatkan limbah kulit untuk produk fashion seperti dompet, tas. Namun saat ini Darminto masih memikirkan segmen pasar yang hendak dibidik apakah tetap konsumen menengah ke atas atau semua kalangan.

——————————

Darminto Home Industry : d/a. Dusun Kaliberot Rt. 05, Argomulyo, Sedayu, Bantul.
Contact Person : Darminto – hp. 0818 266 792, 085 292 111 121 atau (0274) 6688 877


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: