Posted by: jogjaexpo | September 30, 2012

Sumar Bronze – Pekerja Seni Patung, Ornamen dan Relief

Usaha jasa pekerja seni ini dirintis secara mandiri oleh Jumardiyana sejak 2008. Sebelum mendirikan usaha sendiri, ia bekerja di Studio Sati Aji milik Dunadi di Krapyak Kulon mulai 1991 sampai 2008. Saat usaha Dunadi sedang sepi pekerjaan, saya mohon pamit untuk berhenti dan coba merintis usaha sendiri dengan modal awal Rp. 60 juta. Demikian dijelaskan Jumardiyana (45) saat ditemui di rumahnya Selasa (29/05). Usaha Jumardiyana dikategorikan sebagai usaha pekerja seni dan pengecoran perunggu yang berupa patung, relief dan ornament berbahan dasar resin/fiberglas dan perunggu.

 


Pada awal berdirinya saya mendapat order 200 patung keluarga bahagia ( maskot PT. Ciputra ) dengan harga Rp. 1,3 juta per pcs berkat kerjasama dari perusahaan Gioti Studio Bandung yang dikerjakan secara berangsur selama 2 tahun. Inilah awal yang sangat menentukan kelangsungan usaha kami hingga kini. Ada 3 jenis pekerjaan seni yang kami kerjakan : patung, ornamen dan relief. Ketiga jenis ini yang paling banyak dipesan selain asesoris yang juga dapat dikerjakan.

 


Patung, ornamen dan relief dibuat dengan menggunakan bahan baku fiber glass, perunggu, kuningan dan alumunium. Yang paling banyak dipesan, yang terbuat dari fiber glass dan perunggu. Bahan kuningan dan alumunium jarang dipesan. Bahan untuk tahapan proses : gipsum dan silikon. Untuk siap diproduksi menurut Jumardiyana, harus melalui 4 tahap yakni proses modeling, proses cetak, poses cor/pengisian cetakan (master) dan proses finishing.

Untuk pekerjaan modeling yang dipandang sangat menentukan hasil akhir dari sebuah produk yang dipesan, harus dikerjakan dengan teliti dan cermat menggunakan tenaga yang berpengalaman dan ahli di bidangnya. Jumardiyana memperkerjakan 8 orang tenagakerja berpengalaman dan juga ahli sebagai karyawannya sendiri yang juga merupakan pekerja seni. Patung yang dibuat Jumardiyana adalah figure manusia, angel dan hewan serta ornament dalam berbagai bentuk dan ukuran baik utuh maupun bagian-bagian tertentu saja sesuai permintaan/pesanan pelanggan.

Pangsa pasar Sumar Bronze masih di dalam negeri seperti Jakarta, Bandung, Kalimantan dan Makassar. Para pemesan umumnya lembaga seperti perusahaan. Saat ini Sumar Bronze mempunyai 4 pelanggan setia, 1 Jakarta, 1 Bogor, 1 Bandung dan 1 di Surabaya. Produk/ proyek yang telah dikerjakan antara lain : patung Liberty setinggi 6,5 m, patung Liberty setinggi 10,5 m, balezza project terdiri dari patung figure 4,5 m (3 figur), relief realis full collour ornament dinding, pengecoran perunggu berupa patung monument dan patung seni murni.

Harga jual yang dipatok untuk patung perunggu Rp. 1,5 juta – Rp. 100 juta. Patung fiber Rp. 2,5 juta – Rp. 120 juta, sedangkan ornamen Rp. 3,5 juta /m – Rp. 7,5 juta /m dan ornament Rp. 2,5 juta – Rp. 4,5 / m tergantung dari kerumitan ornament yang dipesan. Omzet usaha diperkirakan Jumardiyana antara Rp. 200 juta sampai Rp. 500 juta per tahun dengan tingkat keuntungan mencapai 20 % – 25 %. Untuk pesanan dengan nilai nilai yang dipandang cukup besar, menggunakan perjanjian kontrak. Sistim pembayaran diatur : uang muka 40 %, barang siap dikirim harus melunasi terlebih dahulu 40 % berikutnya, sedang bila barang sudah tiba di tempat, sisa 20 % dilunasi.

Dalam workshopnya yang berukuran kurang lebih 8 x 30 m, Sumardiyana menempatkan peralatan produksinya : las listrik, las karbit, compressor, generator, alat potong besi, gerinda tangan, drei, skrap, tungku pembakaran dan tungku peleburan serta berbagai peralatan kecil seperti : palu, tatah, gergaji, pisau, rak-rak penyimpanan produk dan produk setengah jadi maupun produk jadi yang siap dikirim. Kini modal usahanya Rp. 175 juta. ( Nura/Fernandez )

———————————————-

Sumar Bronze : d/a. Balong Kidul Rt. 02 Potorono, Banguntapan, Bantul 55196 Yogyakarta
Contac Person : Jumardiyana – Hp. 081 227 101 45
E-mail : sumarjumardiyana@yahoo.com


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: