Posted by: jogjaexpo | September 30, 2012

Rahayu Leather – Perajin Jaket Kulit

Masyarakat menggemari produk fashion dari kulit seperti tas, sepatu dan tentu saja jaket kulit. Kesan elegan, fashionable menjadikan jaket kulit ini pilihan konsumen dan selalu menjadi trend. Jaket kulit pun menjadi pilihan Afzan Ahmadi sebagai produk utama usahanya yang diberi nama Rahayu Leather. Afzan memulai usaha ini sejak 2004 dimana ketrampilan mengolah kulit ini didapatnya dari bekerja pada perajin kulit. Sampai saat ini Afzan tetap fokus mengolah kulit menjadi aneka jaket kulit berkualitas terbaik.


Rahayu leather memproduksi jaket kulit dewasa, anak-anak baik untuk laki-laki maupun perempuan dari ukuran S hingga ukuran sesuai pesanan konsumen. Untuk modelnya, jaket kulit standar, SBY, Semi Jas (full rit), Harley (Rit Miring), Safari, Jubah, dan Rompi. Tidak terbatas pada model-model tersebut, Afzan juga melayani jaket dengan model sesuai keinginan konsumen. Konsumen biasanya membawa gambar atau contoh jaket yang dinginkan. Selain model, warna jaket pun sesuai keinginan pelanggan seperti hitam, cokelat tua, cokelat muda, merah, krem dan oranye.


Harga jaket kulit buatan Afzan menyesuaikan warna dan kualitas produk. Untuk model standar mulai Rp. 650 ribu – 850 ribu, model semi jas dan safari mulai Rp. 675 ribu – 875 ribu, model safari dan jubag mulai Rp. 700 – 900 ribu dan untuk rompi mulai Rp. 450 – 650 ribu. Harga jaket ukuran anak-anak mulai 250 – 600 ribu. Apabila konsumen menginginkan jaket kulit berwarna, terdapat perbedaan harga sebesar Rp. 100 ribu. Kondisi saat ini jaket yang banyak di pesan jaket kualitas I dengan harga Rp. 850.000. Dari penjualan jaket, omset usaha ini sekitar Rp. 25 juta perminggu dengan keuntungan Rp. 100 ribu perjaket.

Selain memproduksi jaket kulit, Rahayu leather juga menerima reparasi atau servis jaket kulit. Servis jekat kulit ini antara lain cat ulang, ganti krah, ganti resleting, pengecilan badan, penggantian kain, penggantian lengan, ganti lengan, perubahan ukuran hingga ganti model. Jasa servis ini mulai Rp. 25 ribu untuk ganti krah dan resleting hingga Rp. 180 ribu untuk ganti lengan kanan dan kiri. Layanan lainnya berkisar 50 ribuan seperti cat ulang yang disarankan setiap 7 bulan sekali. Dalam satu bulan, Afzan memperoleh pendapatan sekitar Rp. 200.000 dari jasa servis ini.

Dalam satu hari, Afzan dibantu dua orang karyawannya mampu memproduksi 5 jaket kulit atau dalam satu minggu 30 jaket kulit. bahan baku kulit diperoleh dari pabrik kulit di Pleret Bantul dengan harga Rp. 15 – 20 ribu perfeet. Pembuatan satu buah jaket dewasa membutuhkan kulit sekitar 35 feet. Bahan tambahan lainnya seperti kain furing, lem, benang, resleting, dan kancing. Sedangkan untuk peralatan, 2 mesin jahit, 1 kompresor dan peralatan kecil seperti gunting dan penggaris untuk pembuatan jaket ini.

Jaket-jaket kulit produksi Afzan masih menjangkau pasar di Jogja dan Klaten. Afzan melayani toko-toko di Manding, Kota gede dan Klaten serta konsumen yang datang langsung ke tempatnya. Afzan menawarkan produknya melalui brosur atau
promosi dari mulut ke mulut untuk memperluas pasarnya.

Info lebih lanjut hubungi :
Rahayu Leather ( Afzan Ahmadi)
Ngibikan, Rt.06, Canden, Jetis, Bantul, Yogyakarta
telp : 0856 4306 7168 / (0274) 680 5844


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: