Posted by: jogjaexpo | September 30, 2012

Pari Raja – Perajin Spesialis Kulit Ikan Pari

Home industri ini dirintis Miftakhul Khoir (31) sejak 2003, saat ia masih berstatus sebagai mahasiswa Akademi Teknologi Kulit (ATK) Yogyakarta. Saya mengkhususkan diri menjadi perajin kulit ikan pari, setelah melihat bagaimana para nelayan Cilacap mengolah kulit ikan tersebut. Karena sebagai mahasiswa, kami hanya diajarkan bagaimana mengolah kulit hewan non ikan, saya tertarik dan tertantang mengolah kulit ikan pari sebagai spesialis produk usaha saya, kata Khoir ketika ditemui di rumahnya Selasa (05/06).


Aneka produk kerajinan yang dihasilkan, semuanya berlapiskan kulit ikan pari. Produk yang dihasilkan antara lain : dompet laki2/perempuan, ikat pinggang, calp jam tangan, gelang kulit pari, kantong hp, cassing hp, sepatu, tas wanita, sandal dan berbagai jenis asesoris. Produk pecis, sepatu maupun sandal kulit pari, hanya dibuat bila ada yang pesan. Saat kami berkunjung ke workshopnya, suami Dwi Lestari ini menunjukan kotak kayu dan table konsul yang berlapiskan kulit pari. Prinsipnya semua produk dapat dilapisi kulit pari.


Selain kulit pari, bahan dasar produk kerajinan Khoir adalah kulit sapi. Sedangkan bahan penolongnya adalah resleting, kancing, lem dan benang jahit. Di samping produk kerajinan, Khoir juga memproduksi kulit lembaran dari kulit biawak, ikan kakap dan ular. Produk ini tidak diolah lebih lanjut menjadi aneka barang kerajinan, akan tetapi langsung dijual dalam bentuk kulit lembaran sebagai bahan baku perajin. Penyamakan kulit-kulit tersebut ditangani sendiri oleh karyawan home industrinya.

Pasar produk saya masih terbatas pada pasar dalam negeri. Kota maupun wilayah yang sudah menjadi pasar potensial : Jakarta, Bandung, Surabaya, Solo, Yogyakarta, Bali, Papua, Medan dan Aceh. Menurut Khoir pasar produknya yang paling potensial adalah Jakarta, Medan, Bali dan Papua. Produk yang paling laris dompet cowok. Untuk mendukung pemasaran produk, selain memiliki show room di Pasar Seni Gabusan dan Dadapan Lor Rt. 02, saya juga sering mengikuti berbagai pameran. Media lain yang digunakan untuk promosi produk yakni melalui website pribadinya dan promosi melalui teman dan kenalan.

Dengan 7 orang tenaga, saya mampu mencapai kapasitas produk 150 unit per bulan. Saat ini omzet penjualan Rp. 15 – 20 juta per bulan dengan tingkat keuntungan 20 – 30 %. Harga jual produk Pari Raja : dompet pria Rp. 150 rb, perempuan Rp. 275 rb, kantong hp Rp. 150 rb, casing hp Rp. 100-150 rb, calp jam tangan Rp. 75-150 rb, ikat pinggang Rp. 300-550 rb, gelang Rp. 50-85 rb, asesoris Rp. 50-100 rb, sepatu Rp. 1,5 jt, sandal Rp. 750 rb, tas Rp. 900 rb – 2 jt dan pecis Rp. 450 rb. Harga kulit lebaran yang dijual : kulit ikan kakan dan biawak Rp. 15 – 25 rb per lembar, sedangkan kulit ular Rp. 185 rb / meter.

Bahan baku kulit pari umumnya didatangkan dari Baron, Depok, Semarang, Jepara dan Juana. Harga bahan baku kulit pari bervariasi. Yang berbentuk oval/betina Rp. 100 rb per lembar, gitar/jantan Rp. 65 rb, batu halus Rp. 40 rb dan duri air Rp. 45 rb per lembar. Satu lembar kulit pari hanya dapat untuk membuat 1 dompet pria ataupun wanita, karena dari satu lembar kulit hanya terdapat 1 mutiara dan bagian tersebut menjadi titik penentuan ukuran. Sisa bahan masih dapat digunakan untuk membuat aneka produk lainnya dengan cara disambungkan.

Walau pada awal berdirinya hanya bermodalkan Rp. 10 juta dari bantuan orang tua, kini modal usahanya sudah berkembang cukup besar dan diperkirankan Rp. 400 juta. Modal usaha Khoir terdiri dari bangunan workshop seluas 6 x 12 m di atas tanah sewa seluas 390 m2 dengan nilai Rp. 250 juta, modal kerja antara 60-70 juta dan peralatan yang terdiri dari mesin jahit 2 buah, mesin seset 1, mesin e-bos 1, mesin pon manual 1 dan trai pewarnaan dan penyamakan kulit 1 buah dengan nilai kurang lebih Rp. 40 juta dan produk jadi Rp. 50 juta. ( Nura/Fernandez )

——————————————

Pari Raja : d/a. Jl. Parangtritis km. 8, Dadapan Lor Rt. 02, Timbulharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta 55186. – Telp. 0274 646 3437, 0274 838 9775
CP. Khoir – hp. 081 328 717 631 dan Dwi Lestari – hp. 081 328 089 731
E-mail : pari_radja@yahoo.co.id
Show room : Pasar Seni Gabusan Los 1 Kios No. 2


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: