Posted by: jogjaexpo | September 30, 2012

Kelompok Batik Sari Nitik – Pembatik Tradisional

Seperti halnya warga Giriloyo, Imogiri, yang merupakan salah satu sentra batik di Bantul, warga Kembangsongo, Trimulyo pun banyak yang memiliki ketrampilan membatik. Membatik menjadi ketrampilan masyarakat Kembangsongo secara turun temurun. Setiap hari, Ibu-ibu membatik kain di halaman rumahnya yang kemudian diproses menjadi kain batik tulis.


Para pembatik ini pun sebagian membangun komunitas atau kelompok pada tahun 2006 dengan nama Kelompok Batik Sekar Nitik. Kelompok dengan anggota 10 orang ini terbentuk setelah mendapat pendampingan berupa pelatihan selama dua bulan dari KKN UGM. Pelatihan ini meliputi proses membuat pola, membatik, pewarnaan, pencelupan dan perebusan. Selain pelatihan, juga diberikan peralatan seperti kompor kecil, kompor besar, panci, canting dan kain mori 15m.


Aminah, wakil ketua Sari Nitik, yang memegang operasional kelompok ini memberdayakan anggota kelompoknya dengan menerima jasa membatik. Aminah menerima jasa membatik dari pengusaha di Solo, Jakarta dan Jogjakarta. Setiap bulan, Aminah menerima pesanan 20 kain untuk dibatik dari Solo sedangkan pelanggan lain pesanannya tidak pasti. Pembatik memperoleh ongkos jasa antara Rp. 80.000 – 100.000 tergantung kerumitan polanya. Satu potong kain biasanya pengerjaanya memerlukan waktu 4-5 hari.

Selain usaha jasa ini, kelompok juga memproduksi kain batik tulis. Berbagai motif klasik seperti mlinjon, kembang pace, kembang pare, timunan, kembang jeruk, dopo , kawung dan masih banyak lagi. Untuk kain, Sari Nitik umumnya menggunakan kain primisima cap gamelan. Proses pembatikan dikerjakan anggota kelompok sedangkan proses pewarnaan sampai selesai dikerjakan oleh Aminah. Batik tulis produksi Sari Nitik ini dengan ukuran panjang 2 hingga 2,5 m dan lebar 1,1 m dijual dengan harga Rp. 180.000 – 300.000,-. Harga tersebut dipatok berdasarkan kerumitan motif dan banyaknya warna yang digunakan.

Sari Nitik saat ini memiliki kekayaan kelompok berupa 20 potong batik tulis dan 12 potong kain polos primisima senilai Rp. 480.000. Kelompok saat ini masih fokus di bidang jasa membatik karena kesulitan dalam memasarkan produknya. Selama ini, beberapa anggotanya coba memasarkan dan juga beberapa tamu yang datang dan membeli batik tulis tersebut.

Untuk usaha jasa membatik, kelompok Sari Nitik menerima motif apapun sesuai keinginan konsumen. Batik motif klasik, kontemporer maupun campuran bisa dikerjakan jika disertai contoh pola yang jelas. untuk pewarnaan, Sari nitik juga tidak terbatas pada warna sogan tetapi juga warna lain seperti hijau, merah dan lain-lain.

Info lebih lanjut hubungi :
Kelompok Sari Nitik
Kembang Songo, RT. 03, Trimulyo, Jetis, Bantul
CP : Aminah
Hp : 0857 4366 6364


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: