Posted by: jogjaexpo | September 30, 2012

Alindo Collection – Produsen Aneka Tas

Kebutuhan tas tidak hanya untuk anak sekolah, namun ibu rumah tangga, pekerja pun tidak lepas dari keberadaan tas ini. kebutuhan akan tas ini menjadi peluang bagi Bambang Tugino, untuk terus menghasilkan tas yang menarik dan disukai konsumen. Memulai Alindo Collection sejak 1997 di daerah 40an, yogyakarta, dengan memproduksi tas wanita berbahan vinyl. Tugino kemudian mulai memproduksi berbagai jenis tas setelah berpindah ke Potorono pada 2008.


Produk tas yang diproduksi bambang antara lain tas ransel, tas wanita, tas laptop, tas pinggang, tas belanja, tas kantor, dompet dan tas lain sesuai keinginan konsumen. Untuk bahannya, Tugino menggunakan bahan vinyl, sintetis, kain batik, kain katun, dan bahan jeans. Bahan baku utama dikombinasi seperti batik dengan vinyl atau bahan jeans dengan kain katun untuk menghasilkan tas yang menarik konsumen untuk membelinya. Selain bahan baku utama, bahan tambahan lain yaitu resleting, spon, bisban, pitrit, kancing, ring kotak, ring bulat, mata ayam, handle dan foam. Dalam satu minggu, belanja bahan baku membutuhkan modal rata-rata 10 – 15 juta.


Selain melayani penjual, Tugino kerap menerima pesanan dari instansi maupun perusahaan. Tas-tas tersebut umumnya terbuat dari sintetis dengan variasi sablon dan bordir. Model dan warna tas menyesuikan keinginan pelanggan sedangkan untuk pemesanan, minimal 20 tas bisa dilayani. Beberapa instansi yang memesan tas pada Tugino antara lain BRI, LPP Yogya, UGM, Klinik Bersalin, dan beberapa Sekolah Dasar di Yogyakarta. Untuk memenuhi pesanan dari pedagang langganan dan instansi, Tugino rata-rata memproduksi 3000 buah tas perbulannya.

Harga tas Alindo bervariasi tergantung pada bahan, ukuran dan kerumitan modelnya. Tas batik harganya berkisar Rp. 20 – 40 ribu, tas bahan jeans berkisar Rp. 30 – 40 ribu, tas katun berkisar Rp. 25 – 30 ribu, tas vinyl Rp. 40 – 100 ribu dan tas sintetis Rp. 35 – 60 ribu. Omset Alindo dalam satu bulan sekitar Rp. 40 – 50 juta dengan keuntungan sekitar 10-15 %. Penjualan tas-tas ini masih terbatas di Lokal Jogja seperti Beringharjo, malioboro dan ke luar kota yaitu Solo dan Medan. Mengingat pemasaran yang masih terbatas, Tugino bekerjasama dengan pembuat tas lain apabila ada pesanan yang bisa dikerjakan. Tugino juga masih mengandalkan promosi dari mulut ke mulut untuk memperluas pasar.

Untuk memproduksi beragam tas tersebut, Tugino dibantu 10 orang karyawan. Mesin yang digunakan yaitu mesin jahit, mesin potong besar dan kecil dan peralatan kecil seperti gunting, dan penggaris. Pekerja jahit memperoleh upah secara borongan dengan upah Rp. 4000 – 15.000 pertas. Berbeda dengan tenaga potong yang mendapat upah harian Rp. 40.000 perhari.

Info lebih lanjut hubungi :

Alindo Collection
Alamat : Watu Kempul, Rt 06, Salakan, Potorono
Banguntapan, Bantul

Hp. 0813 288 37121


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: