Posted by: jogjaexpo | September 29, 2012

Kompak Silver – Kelompok Pembuat Kerajinan Perak

Kerajinan perak membutuhkan keahlian tersendiri yang memerlukan ketelitian, pengalaman dan teknik-teknik tertentu. Pemilihan bahan, teknik pengolahan akan menentukan hasil akhir produk perak ini. Meskipun belum mampu membuat produk secara kontinyu, Kompak Silver yang merupakan kelompok pembuat perak menjual jasa pembuatan aneka produk dari perak. Sejak 2000 hingga saat ini, Kompak Silver menerima pesanan pembuatan kerajinan perak dari pelanggannya


Kompak beranggotakan 10 orang yang kesemuanya mampu mengolah perak menjadi aneka perhiasan. Anting, gelang, cincin, kalung, liontin, dan bros adalah produk yang kerap dipesan pelanggannya. Produk perak tersebut biasanya dikombinasi dengan batu, kuningan ataupun tembaga. Design produk umumnya dari Kompak maupun dari buyer atau kombinasi keduanya. Kompak silver menerima pesanan pembuatan produk perak dalam jumlah besar dengan design sesuai keinginan konsumen.


Menurut penjelasan Misteja koordinator kelompok, perak yang diolah adalah perak logam mulia (LM) maupun perak lokal. Harga bahan baku untuk perak LM sekitar Rp. 1,1 juta per 100 gr dan untuk perak lokal Rp. 600 ribu per 100 gr. Dari 100 gr perak bisa dapat dihasilkan 40 cincin ukuran standar. Bahan tambahan untuk pembuatan perak ini yaitu air keras perak, tembaga, kuningan, obat hijau dan pijer atau tawas.

Kondisi produksi saat ini, masih mengandalkan pesanan dari Yayasan Apikri dan toko perak di Kotagede. Toko perak ini lebih ke personal dan yang dilayani ada 4 toko. Selain berdasar pesanan, kompak silver belum sanggup membuat stok produk karena keterbatasan modal. Selama tahun 2011, kelompok ini mendapat omset dari Apikri sekitar 24 juta dan untuk tahun 2012 baru Rp. 4,7 juta. Keuntungan usaha ini menurun dibanding tahun sebelumnya dari 50% tinggal 35% dikarenakan kenaikan harga bahan baku. Selain itu, untuk penghasilan personal dari Toko perak di Kotagede sekitar Rp. 500 – 2 juta perbulannya.

Kelompok ini dalam menjalankan usahanya cukup tertolong dengan bantuan perlatan dari Depkaner, Disperindag dan Dekranas. Bantuan alat ini berupa etalase, meja kerja, bor gantung, las manual, timbangan, gilingan perak, palu karet, bor tangan, gergaji kemasan, tanggem, dinamo, kompresor, dan pencuci perak. Workshop berukuran 5 x 9 m yang ditempati pun merupakan bantuan dari Depnaker dengan total investasi gedung dan alat sekitar Rp. 100 juta.

Info lebih lanjut hubungi :

Kompak Silver
Karangwuni Rt07, Blawong I, Trimulyo, Jetis, Bantul

CP Misteja : 086 868 676 100
Ngazamudin : 0858 7878 9552


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: