Posted by: jogjaexpo | September 28, 2012

Prima Batik – Perajin Batik Kayu

Home industri ini dirintis oleh Mangku Wibowo (47) sejak 2005 dengan label Prima Batik. Prima batik bergerak pada sektor kerajinan kayu yang dibatik dengan berbagai jenis produk yang dihasilkan. Dari banyaknya produk yang dihasilkan, dapat dikelompokkan ke dalam 6 jenis yakni : wayang, hiasan dinding, souvenir, tempat perhiasan, perlengkapan ruang kerja dan rumah tangga. Ketika ditemui di rumahnya Jumat (14/09), Mangku memperlihatkan seluruh stock produknya yang terdapat dalam ruang show room nya.


Selengkapnya produk yang dihasilkan Prima Batik : wayang; hiasan dinding seperti topeng; souvenir seperti : sandal batik, telur kayu dibatik, gelang, kalung, patung berbagai jenis hewan, gantungan kunci, loro blonyo dan dakon. Tempat perhiasan seperti : miniatur almari dan kotak perhiasan. Perlengkapan ruang kerja seperti : stand book/rekal, tempat hp, tempat kartu nama dan pisau surat. Penglengkapan rumah tangga seperti : tempat lilin, kotak tissue, mangkok berbentuk daun, kotak, bulat dan jajaran genjang, nampan, cermin, dan kotak loundry.


Produk tersebut di atas umumnya dibuat dari bahan kayu klepu, sengon, mahoni dan pule yang didapat dari daerah di sekitar wilayah Bantul. Secara terrencana bahan kayu telah didatangkan oleh pemasok yang sudah menjadi pelanggan. Produk yang dihasilkan ada yang di produksi sendiri dari awal sampai proses membatiknya, namun ada pula yang sudah dibeli dalam bentuk produk jadi minus proses membatik. Pewarnaan yang digunakan untuk membatik dari bahan pewarnaan sintetik.

Harga produk yang ditawarkan : topeng Rp. 30 – 50 rb, sandal batik Rp. 30 rb, kotak tissue Rp. 45 rb, hiasan dinding Rp. 25 rb, souvenir Rp. 4-5 rb, telur kayu Rp. 10 rb, nampan Rp. 35 – 50 rb, gelang, Rp. 7 rb, kalung Rp. 10 rb, tempat lilin Rp. 20 rb, mangkon 1 set (isi 3) Rp. 90 rb, miniatur almari 1 set (isi 3) Rp. 250 rb, patung hewan 1 set (isi 3) Rp. 50 rb, stand book Rp. 35 rb, gantungan kunci Rp. 3,5 rb, loro blonyo Rp. 125 rb, cermin Rp. 7-25 rb, dakon Rp. 45-110 rb, tempat hp dan tempat kartu nama Rp. 20 rb dan pisau surat Rp. 4-5 rb. Omzet per bulan menurut Mangku mencapai rata-rata Rp. 15-20 juta dengan tingkat keuntungan 10-20 %.

Saat ini Prima Batik mempunyai 4 orang pelanggan tetap atas produknya yakni 2 di Jakarta, 1 di Batam dan 1 di Yogyakarta. Untuk meningkatkan omzet penjualannya, Mangku sering mengikuti berbagai event pameran seperti : Ina Craft, PPE, PRJ dan JEC. Omzet paling besat menurut Mangku yakni pada pameran Ina Craft yang menimal mencapai Rp. 20 juta per sekali pameran. Sedangkan 3 lokasi lainnnya hanya mencapai maksimal Rp. 10 juta. Upaya lain yakni melalui internet dengan penjualan on line. Untuk penjualan on line, ditetapkan uang muka 40 %. Selain itu juga dengan menyebarkan kartu nama kepada para pemandu wisata dengan imbalan 5 – 10 %

Dengan tenaga kerja 10 orang, Prima batik dapat mencapai kapasitas produksi 100 potong per hari. Tenaga kerja yang digunakan terdiri dari 4 orang laki-laki dan 6 orang perempuan dengan upah Rp. 15 – 20 ribu per hari. Untuk mencapai kapasitas produksi di atas, Mangku menggunakan beberapa peralatan mekanik seperti : kompressor, gergaji, bor dan slep/amplas. Peralatan mekanik yang diperoleh dari bantuan Pemerintah : kompressor dan gergaji, lainnya dibeli sendiri. Demikian diungkapkan Mangku kepada reporter bantulbiz.com. ( Yan / Fernandez )

————————————————

Prima Batik : d/a. Pringgading Rt. 04, Guwosari, Pajangan, Bantul, Yogyakarta.
CP. Mangku Wibowo Hp. (0274) 6466755, 0815 7891 9061
E-mail : prima_batik@yahoo.co.id


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: