Posted by: jogjaexpo | September 28, 2012

Kelompok Batik Sekar Arum – Perajin Batik Tulis Khas Giriloyo

Ribuan pembatik yang ada di Giriloyo, imogiri membentuk kelompok-kelompok Batik agar lebih berkembang dan mampu berproduksi. Selama ini pembatik di giriloyo hanya memperoleh penghasilan sebagai buruh batik sehingga kesejahteraanya terbilang kurang. Salah satu kelompok batik di Giriloyo yaitu Sekar Arum yang beranggotakan 34 orang dengan mayoritas wanita ini diketuai Nur Ahmadi. Sekar Arum berdiri pada 2007 yang terus memproduksi kain batik tulis khas Giriloyo.


Sekar Arum seperti kelompok batik lainnya hanya memproduksi kain bati tulis dengan berbagai macam motif dan warna. Motif tradisional seperti sido asih, wahyu tumurun, sekar jagad, macam-macam semen terus diproduksi dan dikembangkan. Sekar arum juga mulai fokus mengembangkan motif kontemporer seperti dedaunan, tumbuhan, binatang, bunga yang dikombinasikan dengan motif-motif tradisional. Nur Ahmadi melihat selera pasar akan batik tulis cukup besar, namun harganya yang cukup tinggi harus disiasati dengan membuat produk yang berkualitas namun tetap terjangkau.Strategi lain untuk memenangkan persaingan pasar, Nur Ahmadi mulai memproduksi pakaian jadi dari batik tulis ini.


Produk batik Sekar Arum menggunakan bahan kain primisima atau prima mesres dengan pewarnaan alami maupun sintetis. Produksi kain batik kelompok ini dalam satu bulan sekitar 34 pieces sedangkan untuk baju antara 50 – 70 potong. Selain itu,Sekar Arum juga memproduksi selendang, syal, sajadah taplak dan produk batik lain sesuai pesanan pelanggan. Harga bahan baku primisima per potongnya Rp. 40.000 dan upah jasa membatik Rp. 70 – 1500 ribu per potongnya

Mengingat semua produknya merupakan batik tulis, harganya diatas harga batik pada umumnya. Kain batik tulis maupun baju dijual dengan harga mulai Rp. 175.000 hingga 800.000 tergantung pada motif dan pewarnaan. Untuk ongkos jahit, Nur Ahmadi mematok harga mulai Rp. 35.000 per potong. Omset usaha kelompok ini sekitar 5 – 7 juta perbulan dari penjualan kain sekitar Rp. 11 juta untuk produk pakaian jadi. Sekar Arum memiliki pelanggan di Jakarta yang setiap bulan memesan pakaian jadi baik kain dari Sekar Arum maupun kain dari pelanggannya tersebut. Sekar Arum juga bisa menitipkan kain produksinya di showroom pelanggannya tersebut.

Nur Ahmadi masih mengandalkan showroom nya di Giriloyo dan mulai mencoba pemasaran secara online. Nur Ahmadi juga kerap mengikuti pameran di Yogya, Jakarta dan menyebar brosur. Paguyuban Batik Giriloyo juga membuat kegiatan seperti Wukirsari Expo untuk menarik pengunjung dan untuk lebih mengenalkan batik Giriloyo kepada masyarakat. Berbagai hal tersebut dilaksanakan untuk menyiasati wilayah Giriloyo yang jauh dari kota dan susahnya komunikasi maupun koneksi internet.

Selain membuat produk batik, Sekar Arum juga menyelenggarakan pelatihan membatik maupun praktek kerja atau magang. Untuk magang, Sekar Arum mematok biaya Rp. 5000 per harinya dan untuk pelatihan Rp. 1,5 – 2 juta per orang. Pelatihan ini bianya dilaksanakan di Gazebo Giriloyo dengan waktu pelatihan 3-4 hari. Peserta akan memperoleh fasilitas berupa bahan kain, malam, alat canting, dan pendamping. Pelatihan ini cukup menambah penghasilan anggota kelompok dan menambah aset kelompok.

Info lebih lanjut hubungi :
Batik Tulis ” Sekar Arum” Giriloyo
Giriloyo, Wukirsari, Imogiri, Bantul
c.P : Nur Ahmadi
0817 547 5794 / 0813 2822 5478
E-mail : batiksagiriloyo@gmail.com


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: