Posted by: jogjaexpo | October 8, 2012

Utama Glass – Perajin Aneka Kerajinan Berbahan Kaca

Kerajinan dari bahan kaca mungkin sudah banyak dikenal. Namun dari potongan2 kaca, tidak banyak yang memproduksi. Tri Suwarno warga Jonggrangan Rt.05 memproduksi aneka barang kerajinan dari limbah kaca. Limba yang digunakan adalah limba dari usahanya sendiri yakni usaha pembuatan kusen pintu jendela dari alumunium dan pemasangan kaca pintu jendela. Demikian penjelasan Tri Suwarno ketika diwawancarai reporter bantulbiz.com di rumahnya Rabu (10/08/11)


Usaha pembuatan barang-barang kerajinan dari kaca tersebut, telah dimulai sejak 1999. Limba kaca yang banyak dari usahanya pembuat kusen pintu jendela, telah mendorong Tri Suwarno untuk berkreasi membuat aneka kerajinan dari bahan kaca. 90 % produknya berupa candle holder dalam berbagai bentuk dan ukuran. Sisanya adalah produk vas, tempat aroma terapi dan lampu duduk maupun lampu kamar serta coaster. Kini telah 100 lebih item barang kerajinan yang diproduksi.


Produk kerajinan kaca Utama Glass, umumnya dikombinasikan dengan batu alam dan kayu sono keling, sehingga terlihat eksotis. Untuk bahan batu alam dan kayu sonokeling tidak diproduksi sendiri, akan tetapi dipesan dari sesama perajin. Bahan yang digunakan sebagian besar adalah kaca bening dan sedikit sekali kaca berwarna serta lem kaca. Sedangkan untuk proses finishingnya hanya menggunakan amplas.

Sebagian besar produk kerajinan kaca Tri Suwarno diekspor melalui trading ke Australia, Belgia, Italia, Korea, Jepang dan Cina. Pangsa pasar dalam negeri meliputi kota2 Yogyakarta, Jakarta, Surabaya dan Bali. Kini omzet penjualannya berkisar Rp. 5 – 7 juta per bulan. Menurut Suwarno sebelum tahun 2010, omzet penjualannya dapat mencapai Rp. 25 – 30 juta per bulan. Dari omzet tersebut ia dapat mengambil keuntungan 25 sampai 30 %.

Harga jual untuk candle holder antara Rp. 35.000 – Rp. 125.000, vas bunga Rp. 60.000 – Rp. 125.000, lampu duduk Rp. 250.000 dan koster atau tatahan gelas Rp. 12.500. Semua produknya diproduksi atas dasar pesanan. Sedikit saja yang diproduksi untuk sampel yang kemudian dipajang di show room nya di Pasar Seni Gabusan (PSG). Selain di PSG, sebagian produk Utama Glass dititip juga pada sesama perajin di Kasongan dan lainnya di pajang di rumahnya.

Untuk meningkatkan pangsa pasar, Tri Suwarna mengikuti pameran seperti : Inacraft, PRJ dan lainnya. Penjualan retail melalui event tersebut cukup menggembirakan, demikian Suwarno. Bentuk dan corak produknya didesign sendiri, sebagiannya lagi design sudah ditentukan sendiri oleh pemesannya. Dari pengalamannya selama ini, Tri Suwarno mensyaratkan kepada setiap trading yang memesan produknya, harus mau membayar down payment minimal 50 %. (Nura/Fernandez)

———————————————–

Utama Glass : d/a. Jonggrangan Rt. 05, Ringinharjo, Bantul, Yogyakarta.
Contact Person : Tri Suwarno : hp. 0812 2703 115 atau 085 643 133 709

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: