Posted by: jogjaexpo | October 5, 2012

Jumakir – Perajin Tas

Oleh-oleh khas Yogyakarta seperti tas, sandal dan aneka kerajinan banyak diproduksi Warga Bantul. Salah satunya, Jumakir (25), warga Tamantirto, Kasihan Bantul yang memproduksi aneka tas untuk dipasarkan ke Malioboro. Jumakir mulai memproduksi tas sejak 2010 dengan produk khusus tas wanita. Awal mulai usaha tas ini, Jumakir menjadi pekerja pada perajin tas selama lima tahun. Jumakir memilih memproduksi sendiri setelah berpengalaman dan juga dorongan dari pedagang di pasar.


Jumakir memproduksi tas dengan bahan vinyl, pandan, agel, kain dan kain batik. Bahan tambahan yaitu karton, spon, kain furing, resleting, kancing dan lem. Bahan-bahan pembuatan tas ini diperoleh di sekitar jogja yaitu di pasar Beringharjo, dan Gamplong Kulon progo. Untuk model, warna dan ukuran tas, Jumakir menyesuaikan pesanan dari pembelinya. Jumakir sampai saat ini tidak membuat sampel tas kreasinya sendiri karena hanya akan dijiplak perajin lain.


Untuk satu lembar agel, Jumakir membeli dengan harga Rp. 13.000 untuk produksi satu tas. Vinyl dengan harga Rp. 18.000 untuk produksi 3 tas dan pandan dengan harga Rp. 9000 perlembar bisa untuk dua tas. Bahan tambahan yaitu spon, 13.500 perlembar untuk 6 tas dan karton kuning 1100 sedangkan karton abu-abu 1600 perlembar.

Tas produksi Jumakir berbahan vinyl dengan ukuran 40 X 28 cm harga jualnya Rp. 23.000, tas agel berukuran 48 X 35 cm harga jualnya Rp. 25.000, tas pandan berukuran 45 X 30 cm hargajualnya Rp. 22.500 dan tas batik berukuran Rp. 40 X 30 cm dijual Rp. 23.000. Tas yang paling disukai yaitu tas pandan dimana dalam satu minggu pesanan mencapai 300 tas. Dari penjualan tersebut, Jumakir memperoleh keuntungan 4000 – 500o untuk tiap tasnya.

Jumakir mengerjakan pesanan tas rata-rata 200 tas perminggu seorang diri. Hal ini membuat Jumakir kerap mengerjakan hingga lembur tengah malam bahkan hingga pagi. Jumakir sebelumnya memiliki seorang tenaga kerja namun diberhentikan karena kinerjanya kurang. Peralatan kerjanya pun masih sederhana yaitu mesin jahit biasa sehingga untuk menjahit dengan benang nilon masih belum mampu. Peralatan lainnya yaitu gunting, cutter, penggaris, kaki tiga (pemasang kancing) dan palu.

Kendala dalam mengembangkan usaha ini selain kurangnya tenaga kerja, peralatan juga modal usaha. Pemasaran sampai saat ini tidak ada masalah, berapapun tas yang disetor Jumakir dibeli dengan tunai oleh pelangganya. Namun begitu, nilai tawar Jumakir masih rendah sehingga meskipun bahan baku mengalami kenaikan, pembeli tidak menerima kenaikan harga.

Info lebih lanjut hubungi :

Jumakir

Sumberan, RT 04, RW 13, Tamantirto, Kasihan Bantul
Telp : 0857 4323 2274

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: